Pengaruh efikasi diri dan resiliensi terhadap keterlibatan kerja guru, dengan trait kepribadian sebagai mediator / Ajar Dirgantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efikasi diri dan resiliensi terhadap keterlibatan kerja guru, dengan trait kepribadian sebagai mediator / Ajar Dirgantoro

Dirgantoro, Ajar (2020) Pengaruh efikasi diri dan resiliensi terhadap keterlibatan kerja guru, dengan trait kepribadian sebagai mediator / Ajar Dirgantoro. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan kerja adalah tingkatan perilaku semangat kerja keterlibatan kepuasan dan antusiasme dalam bekerja dengan suatu kondisi pikiran yang positif yang berhubungan dengan pe-kerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dengan resiliensi yang di mediasi trait kepribadian terhadap ke-terlibatan kerja pada guru secara empiris dan kemudian menjelaskan seberapa besar pengaruh antar variabel yang dibangun dari model teoritis tersebut. Rancangan pada penelitian ini adalah Causal Relationship Study. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tulungagung dengan sampel penelitian berjumlah 220 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan mengambil sampel 47 sekolah dari 88 sekolah yang tersebar pada 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini meng-gunakan 4 instrumen yaitu skala keterlibatan kerja skala efikasi diri skala resiliensi dan skala trait kepribadian. Metode analisis data yang digunakan adalah Smart Partial Least Square (PLS). Pada model penelitian ini nilai Q-square yang dihasilkan pada persamaan model overall adalah sebesar 47.91% sehingga hal ini memberikan makna bahwa model struktural mempunyai predictive relevance yang sangat baik dan layak untuk dipergunakan. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dengan resiliensi yang dimediasi trait kepribadian terhadap keterlibatan kerja guru dan keseluruhan model struktural yang diajukan telah mendapat dukungan empiris dalam penelitian. Evaluasi keseluruhan model dalam penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis sekunder bahwa (1) efikasi diri memiliki pengaruh langsung terhadap resiliensi guru (2) efikasi diri tidak memiliki pengaruh langsung terhadap trait kepribadian guru (3) efikasi diri memiliki pengaruh langsung terhadap keterlibatan kerja guru (4) resiliensi memiliki pengaruh langsung terhadap trait kepribadian guru 5) resiliensi memiliki pengaruh langsung terhadap keterlibatan kerja guru 6) trait kepribadian memiliki pengaruh langsung terhadap keterlibatan kerja guru (7) efikasi diri guru memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keterlibatan kerja guru melalui resiliensi guru (8) efikasi diri guru memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keterlibatan kerja guru melalui trait kepribadian guru dan (9) resiliensi guru memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keterlibatan kerja guru melalui trait kepribadian guru. Ada beberapa saran yang diberikan berdasar-kan penelitian ini antara lain adalah saran teoritis saran praktis dan saran metodologis. Saran teoritis berdasarkan hasil penelitian ini adalah penelitian dalam konteks keterlibatan kerja guru ke depan hendaknya lebih diperluas risetnya dengan berbagai perspektif variabel yang berpotensi mempengaruhi kinerja dan menindaklanjuti konsep keterlibatan kerja dengan melihat berbagai aspek yang mem-pengaruhi sekaligus juga mempertimbangkan faktor lain yang secara lebih spesifik terintegrasi dalam model teoritisnya. Saran praktis berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) institusi pendidikan dengan pengampu kebijakan terkait perlu memperhatikan faktor-faktor yang mem-pengaruhi keterlibatan kerja. Identifikasi dan klasifikasi berbagai faktor tersebut akan memudah-kan untuk menetapkan sasaran intervensi secara spesifik dan strategi yang efektif kedepannya terutama berkorelasi antara keterlibatan kerja dengan peningkatan kinerja guru (2) guru yang mempunyai dedikasi tinggi dimana dengan pe-libatan diri yang kuat terhadap pekerjaan kemudian disertai penghayatan akan menunjukkan bahwa dengan keterlibatan kerjanya dapat memberikan energi tersendiri dalam menjalankan profesinya dan berdampak mempengaruhi prestasi belajar peserta didik (3) guru juga dapat mengeksplorasi dimensi keterlibatan kerja yang masih kurang dalam dirinya untuk dikembangkan lagi agar benar-benar dapat menjalankan tugas maupun tanggungjawabnya secara efektif. Saran metodologis berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) pada penelitian lebih lanjut perlu diperluas dengan pe-merolehan sumber data lain misalnya Curiculum Vitae guru dan/atau dokumentasi di sekolah agar lebih komprehensif (2) subjek bisa diperluas data-nya pada guru yang mengampu mata pelajaran pada jenjang pendidikan yang berbeda (3) sesuai dengan temuan penelitian bisa ditindaklanjuti dengan diteliti bahwa guru mempunyai indikator yang masih rendah pada beberapa variabel sehingga peneliti selanjut-nya dapat mengkaji tentang berbagai aspek maupun insdikator yang mempengaruhi keterlibatan kerja di luar variabel yang mempengaruhi secara parsial maupun simultan dan selaku mediator moderator atau mediasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271957

Actions (login required)

View Item View Item