Model teoretis keterlibatan ayah dalam pendidikan anak / Dewi Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Model teoretis keterlibatan ayah dalam pendidikan anak / Dewi Fitriana

Fitriana, Dewi (2020) Model teoretis keterlibatan ayah dalam pendidikan anak / Dewi Fitriana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriana Dewi. 2020. Model Teoretis Keterlibatan Ayah dalam Pendidikan Anak. Disertasi Program Studi Doktoral Psikologi Pendidikan. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. (III). Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata Kunci Keterlibatan Ayah Efikasi Diri Ayah Kepuasan Pernikahan Religiusitas Penelitian ini didasari oleh pentingnya keterlibatan ayah dalam pendidikan anak. Selama ini fenomena masyarakat Indonesia masih memegang kuat norma sosial yang melihat ayah sebagai tokoh otoritas yang mengatur dan mendominasi rumahtangga. Belum banyak dilakukan penelitian di Indonesia berkaitan dengan keterlibatan ayah dalam pendidikan anak serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Tujuan penelitian ini menganalisis secara empiris keterlibatan ayah dalam pendidikan anak dengan melibatkan efikasi diri ayah kepuasan pernikahan dan religiusitas. Penelitian ini menggunakan rancangan ex postfacto dengan tipe causal relationship study. Subjek penelitian ini 393 ayah dari siswa SMP Negeri kota Malang. Data dikumpulkan dari Skala Keterlibatan Ayah Skala Efikasi Diri Ayah Skala Kepuasan Pernikahan dan Skala Religiusitas. Analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural (Structural Equation Model) dengan software AMOS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model struktural sudah layak (GFI 0 949 gt 0 900) dan mendapat dukungan empiris ( chi sup2 227 145 nilai p 0 392 gt 0 05). Peningkatan keterlibatan ayah dipengaruhi oleh religiusitas dan efikasi diri ayah. Kepuasan pernikahan tidak memberikan kontribusi pada keterlibatan ayah secara langsung melainkan dimediasi oleh efikasi diri untuk meningkatkan keterlibatan ayah. Religiusitas meningkatkan kepuasan pernikahan dan selanjutnya meningkatkan efikasi diri dan akhirnya meningkatkan keterlibatan ayah. Implikasi dari penelitian ini menyarankan agar (1) sekolah membuat program melibatkan ayah dalam kegiatan sekolah sehingga partisipasi ayah bisa teroptimalkan untuk peningkatan pendidikan anak (2) orangtua terutama ayah diharapkan mau terlibat dalam pendidikan anak (3) ayah diharapkan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan keterlibatan ayah (4) peneliti selanjutnya dapat memperluas sampel melibatkan perwakilan ayah dari keseluruhan kota di Indonesia dan tidak hanya ayah namun juga ibu dan anaknya. Selain itu disarankan peneliti selanjutnya mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif agar didapatkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai keterlibatan ayah dalam pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271955

Actions (login required)

View Item View Item