Pengaruh pembelajaran kooperatif student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika ab2k / Savitri Suryandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika ab2k / Savitri Suryandari

Suryandari, Savitri (2021) Pengaruh pembelajaran kooperatif student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika ab2k / Savitri Suryandari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suryandari Savitri. 2021. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika AB2K. Progam Studi S3 Psikologi Pendidikan Fakutas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Pembimbing (II) Dr. Tutut Chusniyah M.Si. Pembimbing (III) Dr. Nur Eva M.Psi. Kata kunci Pembelajaran STAD Hasil belajar matematika siswa AB2K. Difinisi Anak Berbakat Berprestasi Kurang (AB2K) atau Underachievier salah satunya adalah anak-anak yang mempunyai tingkat intelegensi yang tinggi tetapi mempunyai hasil belajar jauh dibawah potensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya antara pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar matematika siswa AB2K. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true eksperimen dengan rancangan yang dipakai adalah The randomize pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 5 Surabaya. Siswa AB2K diambil secara random dengan kriteria IQ 110 keatas tetapi memiliki nilai matematika dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM 80). Subyek penelitian terdiri 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 30 kelompok kontrol dan 30 kelompok ekperimen. Pada kelompok eksperimen diberikan treatmen berupa pembelajaran Kooperatif STAD sedangkan pada kelompok kontrol mempergunakan pembelajaran konvensional. Alat ukur yang digunakan untuk menguji hasil belajar siswa adalah soal matematika yang dibuat oleh guru ahli dengan nilai uji Cronbach rsquo s Alpha sebesar .909. Data yang diambil dianalisis dengan perhitungan rata-rata gain-score dengan independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa AB2K. Siswa AB2K setelah diberi treatmen Pembelajaran Kooperatif Model STAD menunjukkan hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar t 7 380 dengan nilai signifikasi 0 00 (p lt 0.01). Hasil Penelitian ini menunjukkan Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa AB2K atau underachievier hasil belajar rmatematika siswa AB2K setelah diberi pembelajaran kooperatif STAD menunjukkan pada katagori tinggi. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan pendidik untuk meningkatkan hasil belajar matematika terutama bagi siswa AB2K. Bagi peneliti selanjutnya dapat menjadi sumber referensi terutama yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif serta hasil belajar matematika siswa AB2K.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271954

Actions (login required)

View Item View Item