Model perundungan di dunia maya pada siswa SMA ditinjau dari peer influence dan harga diri melalui empati / Nur Irmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Model perundungan di dunia maya pada siswa SMA ditinjau dari peer influence dan harga diri melalui empati / Nur Irmayanti

Irmayanti, Nur (2022) Model perundungan di dunia maya pada siswa SMA ditinjau dari peer influence dan harga diri melalui empati / Nur Irmayanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi komunikasi elektronik dan media sosial telah memiliki efek mendalam pada kehidupan sosial. Penggunaan media sosial dapat memberikan dampak positif maupun negatif dampak positif dari media sosial adalah mempermudah pemenuhan kebutuhan sehari-hari dalam berkomunikasi baik dalam kegiatan sosialisasi pendidikan bisnis dan aktivitas lainnya sedangkan dampak negatif dalam media sosial adalah menjadi media baru dalam mengintimidasi seseorang atau biasa disebut perundungan di dunia maya. Fenomena ini merupakan masalah interaksi antar individu maupun antar kelompok di dunia maya yang secara teori mempengaruhi dinamika dan pola interaksi sosial tradisional dalam masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model perundungan di dunia maya pada siswa Sekolah Menengah tingkat Atas (SMA). Sesuai dengan tahapan perkembangan remaja peneliti memilih prespektif teori sosial kognitif Bandura model interaksi tiga aspek aspek lingkungan aspek personal dan aspek perilaku. peneliti menempatkan peer influence pada aspek lingkungan (Environment) harga diri dan empati sebagai aspek personal (Person-Cognition) sedangakan aspek perilaku (Behavior) terdapat pada perundungan di dunia maya. Model yang diajukan dalam penelitian ini adalah model perundungan di dunia maya pada siswa sma ditinjau dari peer influence dan harga diri melalui empati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis pemodelan persamaan struktural yaitu Structural Equation Model (SEM) yang menguji pengaruh antara variabel yang kompleks untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai suatu model yang lebih baik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik multistage claster sampling. Semua proses menentukan sekolah SMA kelas dilakukan secara random. Pertama menentukan cluster berdasarkan wilayah dari sekolah SMA. Hasil random secara acak untuk menentukan sekolah SMA diperoleh sebagai berikut 2 sekolah diwilayah Surabaya Timur 1 diwilayah Surabaya Barat 1 diwilayah Surabaya Selatan 1 diwilayah Surabaya Utara dan 1 diwilayah Surabaya Pusat. Selanjutnya dilakukan pemilihan kelas secara random. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA yang aktif menggunakan media sosial setiap hari dengan responde sebanyak 1069 siswa yang berasal dari Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara web-based dengan menggunakan alat bantu survey monkey form serta secara paper based ke sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa model teoritis perilaku agresi siber siswa sesuai dengan kondisi empirik di lapangan karena memenuhi standar goodness of fit model artinya peer influence dan harga diri bersama-sama terbukti berperan sebagai prediktor terhadap perundungan di dunia maya. Hasil hipotesis masing masing kontribusi antara variabel eksogen dengan endogen adalah 1) ada pengaruh negatif antara peer influence terhadap perundungandi dunia maya 2) tidak ada pengaruh negatif antara harga diri terhadap perundungandi dunia maya 3) ada pengaruh negatif antara empati terhadap perundungandi dunia maya 4) ada pengaruh positif antara peer influence dengan empati 5) ada pengaruh positif antara harga diri dengan empati 6) tidak ada pengaruh negatif antara peer influence terhadap perundungandi dunia maya melalui empati 7) ada pengaruh negatif antara harga diri terhadap perundungandi dunia maya melalui empati 8) secara simultan ada pengaruh antara peer influence dan harga diri dengan empati 9) secara simultan ada pengaruh antara peer influence harga diri dan empati terhadap perundungandi dunia maya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa peer influence harga diri terbukti secara signifikan menghubungkan perilaku perundungan di dunia maya. Sedangkan empati berperan dalam memediasi pengaruh antara harga diri terhadap perundungan di dunia maya namun tidak memediasi pengaruh antara peer influence terhadap perundungan di dunia maya. Temuan penelitian menunjukan bahwa faktor lingkungan seperti peer influence dan faktor personal harga diri dan empati terbukti secara simultan yang signifikan mempengaruhi perilaku perundungan di dunia maya. Peer influence merupakan variabel prediktor yang berkontribusi besar terhadap perundungan di dunia maya. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka disarakan kepada subjek pelaku perundungan di dunia maya untuk dapat meningkatkan empati dengan cara meningkatkan empati kognitif yaitu kemampuan untuk memahami perasaan orang lain dan empati afektif menumbuhkan kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan merespons dengan tepat serta didukung dengan harga diri dan peer influence yang positif sehingga dapat menurunkan perundungan di dunia maya dan bagi peneliti berikutnya tertarik dengan variabel harga diri hasil dari penelitian ini dan study literatur masih tidak konsisten sehingga perlu dilakukan study literatur mendalam untuk menentukan pemakain devinisi operasional alat ukur yang digunakan beserta karakteristik wilaya serta peneliti selajutnya agar merancang dan mengembangan program intervensi berupa meningkatkan empati siswa dengan cara meningkatkan harga diri dan peer influence yang positif melalui penelitian pengembangan dan eksperimen untuk melahirkan modul yang efektif dalam mencegah dan mengurangi perundungan di dunia maya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271953

Actions (login required)

View Item View Item