Pengembangan bahan ajar literacy project geography penyakit endemik demam berdarah dengue / Cipta Estri Sekarrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar literacy project geography penyakit endemik demam berdarah dengue / Cipta Estri Sekarrini

Sekarrini, Cipta Estri (2022) Pengembangan bahan ajar literacy project geography penyakit endemik demam berdarah dengue / Cipta Estri Sekarrini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tingkat perkuliahan bahan pembelajaran digunakan sebagai bentuk bahan dalam membantu dosen terkait pelaksanaan materi kegiatan pembelajaran. Bahan pembelajaran bertujuan memudahkan dosen menyampaikan materi pembelajaran kepada mahasiswa. Bahan pembelajaran mempercepat mahasiswa dalam mengimplementasi dari kompetensi secara terstruktur yang dapat meningkatkan kemampuan literasi. Pemahaman literasi meliputi segala kemampuan menelaah kalimat dan membaca dalam mencari ilmu pengetahuan. Salah satu penentu tepat gunanya bahan ajar literacy project geography untuk mahasiswa terkait validitas bahan ajar tersebut. Validitas berasal dari kata validity yang menjelaskan suatu ukuran untuk menunjukkan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu tes. Tes itu sendiri dikatakan valid apabila isinya mengukur tujuan khusus tertentu yang sejajar dengan materi atau isi pelajaran yang diberikan. Validitas dibagi menjadi dua kategori yaitu 1) validitas konstruksi validitas konstruksi dilakukan berdasarkan konsultasi kepada ahli dengan melibatkan banyak prosedur termasuk validitas isi dan kriteria. Bentuk uji validitas konstruksi diketahui dengan cara merinci dan memasangkan tes dengan setiap aspek pada indikator.2) validitas isi hal ini berhubungan dengan penyusunan produk yang sesuai pada rancangan yang telah ditentukan. Bentuk uji validitas isi dilakukan dengan membandingkan antara isi instrumen dan materi pelajaran yang akan diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan Prosedur bahan ajar literacy project geography dilakukan untuk meningkatkan kemampuan akan pengetahuan terhadap materi gejala demam berdarah dengue. Pengembangan ini bertujuan untuk memperbaiki bahan pembelajaran yang menunjukkan materi dan diagram untuk mengetahui validitas bahan ajar literacy project geography kepraktisan bahan ajar literacy project geography dan keefektivitas pengembangan bahan ajar literacy project geography di Jurusan Geografi Universitas Negeri Padang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Geografi yang mengambil mata kuliah Geografi Kesehatan. Perhitungan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uj uji normalitas uji homogenitas uji paired sample t-test. Peneliti menggunakan sofware program SPSS IBM 23.0 for Windows. Hasil pengembangan bahan pembelajaran literacy project geography infeksi endemik demam berdarah dengue digambarkan pada kemampuan pendidikan mahasiswa. Validitas bahan ajar literacy project geography terdapat pengaruh terhadap lembar kerja mahasiswa rencana pembelajaran semester materi ajar dan penilaian tes hasil belajar. Keterlaksanaan bahan ajar menghasilkan nilai yang memuaskan dan signifikan dijelaskan dari adanya peningkatan pemahaman dari bahan ajar literasi pada mata kuliah geografi kesehatan secara keseluruhan. Perolehan hasil penelitian dan pengembangan terkait keefektifan bahan ajar literacy project geography menghasilkan kemampuan kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam aspek keefektifan penerapan bahan ajar literacy project geography terjadi peningkatan. Pengujian data uji keefektifan pertama dilakukan uji normalitas menciptakan perolehan informasi nilai belajar pretest dan posttest sudah sesuai selanjutnya dilakukan uji homogenitas menghasilkan perolehan skor pengembangan bahan ajar literacy project geography bervariasi secara homogen dan dilakukan analisis paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan signifikan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Program Studi Geografi Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut maka disarankan kepada dosen untuk menerapkan bahan ajar literacy project geography pada mata kuliah geografi kesehatan selama satu semester. Secara praktik keterlaksanaan menghasilkan tingkat minat pemahaman mahasiswa secara lebih luas. Untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan pada semua mata pelajaran perkuliahan sehingga tidak terfokus pada mata kuliah geografi kesehatan dan dapat melakukan membandingkan bahan ajar pembelajaran yang lain dengan bahan ajar literacy project geography untuk tindakan perkuliahan dalam kelas baik pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 07:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271951

Actions (login required)

View Item View Item