Analisis pelaksanaan program keahlian ganda menggunakan pendekatan evaluasi model cipp / Agung Panji Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan program keahlian ganda menggunakan pendekatan evaluasi model cipp / Agung Panji Sasmito

Sasmito, Agung Panji (2020) Analisis pelaksanaan program keahlian ganda menggunakan pendekatan evaluasi model cipp / Agung Panji Sasmito. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Revitalisasi Pendidikan Vokasi yang dicanangkan Pemerintah Indonesia menyiratkan tugas kepada SMK untuk dapat lebih mempersiapkan individu dalam memasuki dunia kerja dengan mencetak lulusan siap kerja seiring momentum ASEAN Economic Community dan APEC. Namun dewasa ini Indonesia mengalami kekurangan guru produktif SMK. Salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk menangani hal tersebut adalah dengan peluncuran Program Keahlian Ganda (PKG). Sejauh ini belum ada evaluasi terkait PKG di Indonesia meskipun kendala dan fenomena yang bertentangan dengan harapan peluncuran PKG banyak ditemui. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan PKG dengan mengevaluasi pelaksanaan PKG dengan model evaluasi CIPP yang ditinjau dari perencanaan kebutuhan (context) masukan (input) pelaksanaan (process) serta hasil (product) PKG yang bermuara pada rekomendasi berupa perpaduan on dan in-service training pada Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan yang dapat dikembangkan dari kajian PKG. Rancangan penelitian menggunakan teknik Mixed Methods Research. Penelitian dilaksanakan di pusat belajar PPPPTK BOE Malang dan sekolah-sekolah penyelenggara PKG di Jawa Timur serta Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel sejumlah 318 responden yang terdiri dari 173 guru peserta 56 instruktur 46 pendamping dan 43 kepala sekolah. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui (a) penyebaran kuesioner kepada responden dan (b) observasi pada saat kunjungan dan kroscek kondisi situs sedangkan pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui (a) wawancara mendalam (depth interview) kepada responden dan (b) dokumentasi dokumen pendukung yang ditemukan di situs. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi pelaksanaan PKG dengan Evaluasi Model CIPP bermuara kepada sebuah rekomendasi terhadap pelaksanaan PKG di masa mendatang yang dirumuskan berdasarkan refleksi hasil evaluasi terhadap standar dengan kajian akademik model PKG. Lebih lanjut rekomendasi dikembangkan menjadi model yang dirumuskan dari perpaduan on dan in-service training pada Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan yang dapat dikembangkan dari kajian akademik model PKG. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan sebagai berikut. Secara context PKG berada pada kategori cukup baik. Secara input PKG berada dalam kategori baik. Secara process PKG berada dalam kategori cukup baik. Secara product PKG berada dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjang dengan temuan pada observasi kepada beberapa guru keahlian ganda alumni PKG yang menunjukkan (1) guru dapat mempunyai keahlian ganda setelah mengikuti PKG meskipun kualitasnya belum optimal dan (2) keserumpunan keahlian awal dan keahlian baru akan berpengaruh dalam kinerja guru keahlian ganda. Selain temuan tersebut di atas diketahui bahwa terdapat harapan atas keberlanjutan PKG baik berbentuk diklat lanjutan atau bimbingan kompetensi lain yang berkesinambungan. Oleh karena itu PKG direkomendasikan masih bisa dilaksanakan tetapi dengan catatan perbaikan di beberapa aspek. Peneliti menggagas adanya perbaikan model pelatihan guru keahlian ganda sebagai perpaduan on dan in-service training pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan dari analisis kajian akademik model PKG berupa (1) analisis prapelaksanaan (2) rekrutmen peserta (3) pelaksanaan (4) asesmen dan (5) tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271947

Actions (login required)

View Item View Item