Pembelajaran produk kreatif kewirausahaan dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK tata boga / Yunus Karyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran produk kreatif kewirausahaan dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK tata boga / Yunus Karyanto

Karyanto, Yunus (2020) Pembelajaran produk kreatif kewirausahaan dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK tata boga / Yunus Karyanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produk usaha kuliner akan terus mengalami kenaikan dikarenakan adanya peningkatan permintaan di dalam negeri akibat pertumbuhan konsumen kelas menengah yang semakin tinggi. Seiring dengan hal tersebut Perkembangan teknologi dapat mendukung peningkatan produk dalam bidang usaha kuliner tetapi masih ditemukan kesenjangan dalam sistem pendidikan dan IDUKA. Lulusan SMK menjadi prioritas untuk mengisi kebutuhan indutri melalui sistem pendidikan yang tepat. Namun justru menghasilkan tingkat pengangguran tertinggi dibandingkan lulusan dari jenjang pendidikan lainnya. Melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Pemerintah Indonesia menginstrusikan perombakan terhadap peningkatan sistem pendidikan yang selama ini berjalan di Indonesia. Perlu adanya penyelarasan dan pengembangan soft skills dan hard skills yang dibutuhkan lulusan SMK melalui pembelajaran produk kreatif kewirausahaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Mendeskripsikan kesiapan kerja siswa SMK Tata Boga dan Menganalisis inovasi-inovasi pada Produk Bidang Boga yang dapat dikembangkan oleh siswa sebagai bekal kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di 4 SMK dengan program keahlian Tata Boga yaitu SMKN 6 Surabaya SMKN 8 Surabaya SMK Materamabilis Surabaya dan SMK Satya Widya Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dokumentasi observasi kemudian dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk menjawab permasalahan yang belum terjawab secara lebih objektif. Keabsahan data dilakukan dengan menggabungkan dua cara triangulasi yaitu menggunakan triangulasi sumber dan metode. Temuan penelitian ini mengenai hasil eksplorasi pelaksanaan pembelajaran produk kreatif kewirausahaan bahwa materi yang telah disampaikan sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK pada tahun 2018 sumber belajar yang digunakan bervariasi tidak hanya menggunakan buku dan internet pengembangan materi pembelajaran dikhususkan untuk meningkatan karakter budaya kerja yang diharapkan oleh pihak IDUKA siswa kelas XI dan XII pada mata pelajaran PKK sudah aktif dan dapat berpikir kritis penyampaian materi juga bisa dilakukan melalui teman sebaya dan dalam penilaian penguasaan kemampuan sebaiknya berdasarkan pada acuan patokan sehingga hasil belajar siswa dapat bersifat objektif. Selain itu temuan hasil penelitian mengenai kesiapan kerja yaitu siswa sudah mulai aktif dan berpikir kritis dalam pemecahan masalah siswa sudah dapat berpikir secara sistematis dalam menyusun rencana usaha produk kreatif kewirausahaan (perencanaan produksi pemasaran dan evaluasi) siswa telah mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri walaupun dalam skala kecil. Terakhir adalah temuan penelitian dari inovasi-inovasi produk-produk bidang boga yang dikembangkan siswa sebagai bekal kesiapan kerja yaitu produk-produk makanan hasil olahan siswa SMK memiliki inovasi dari segi organolebtik (bahan tekstur rupa rasa dan kreativitas) siswa sudah dapat membuat produk-produk makanan olahan dengan inovasi yang diminati oleh masyarakat. Rekomendasi untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK Tata Boga melalui pembelajaran produk kreatif kewirausahaan adalah melalui mengintegrasikan kompetensi dasar sebelumnya yaitu prakarya dan kewirausahaan kurikulum 2013 dengan produk kreatif dan kewirausahaan kurikulum 2013 revisi tahun 2016 disesuaikan dengan temuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Selanjutnya hasil dari rekomendasi kompetensi dasar yang dibuat oleh peneliti dapat dilanjutkan dengan rancangan pembelajaran produk kreatif kewirausahaan yang telah disusun guna untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang telah dibuat oleh peneliti sejalan dengan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa SMK Tata Boga di sekolah. Upaya ini dilakukan untuk menyelarasakan pengembangan materi yang dibutuhkan oleh siswa SMK Tata Boga untuk menghasilkan karakter budaya kerja melalui pembelajaran produk kreatif kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271945

Actions (login required)

View Item View Item