Pengaruh pembelajaran proyek dan passion belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMK Malang / Rahmania Sri Untari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran proyek dan passion belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMK Malang / Rahmania Sri Untari

Untari, Rahmania Sri (2020) Pengaruh pembelajaran proyek dan passion belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMK Malang / Rahmania Sri Untari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan dan keahlian dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan oleh setiap siswa. Keterampilan ini dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja. Para siswa utamanya siswa SMK masih memiliki keterampilan produktif yang rendah. PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah dalam membuat multimedia animasi antara kelompok siswa OPjBL dan kelompok siswa CPjBL serta melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang memiliki passion belajar yang tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki passion belajar rendah. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yaitu desain faktorial 2x2. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 10 Malang dan SMKN 11 Malang yang berjumlah 118 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Data penelitian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa OPjBL dengan kelompok siswa CPjBL 2) terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan kemampuan pemecahan masalah kelompok siswa yang memiliki passion belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki passion belajar rendah dan 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan passion belajar dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Saran-saran yang dapat dirumuskan berdasarkan kesimpulan penelitian yaitu 1) guru bidang multimedia animasi disarankan agar model OPjBL dapat dipilih sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajarannya 2) model OPjBL dipilih dengan mempertimbangkan passion belajar peserta didik yang memiliki passion belajar tinggi 3) sekolah disarankan agar memberikan kesempatan kepada guru bidang kompetensi keahlian multimedia yang lain untuk dapat mengintegrasikan hasil penelitian ini dengan penerapan model OPjBL di kelas lain dan 4) bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dapat melakukan penelitian lanjutan khususnya yaitu pada a) mata pelajaran produktif normatif dan adaptif baik pada mata pelajaran teori maupun praktikum b) subyek belajar lain seperti peserta didik di kelas tingkat yang lebih atas untuk menguji kebermaknaan model OPjBL dan c) menguji variabel selain passion belajar sehingga dapat menemukan kesempurnaan dari implementasi model OPjBL.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271944

Actions (login required)

View Item View Item