Pengembangan model blended learning berbasis technological pedagogical content knowledge (tpack) untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan / Nurulita Imansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model blended learning berbasis technological pedagogical content knowledge (tpack) untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan / Nurulita Imansari

Imansari, Nurulita (2021) Pengembangan model blended learning berbasis technological pedagogical content knowledge (tpack) untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan / Nurulita Imansari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya penyiapan calon guru yang berkualitas sering dihadapkan pada permasalahan yang berkisar pada sejauhmana mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mencerminkan perkembangan sistem persekolahan terkini. Salah satu contoh permasalahan yang terjadi adalah rendahnya efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan. Hal ini terlihat dari masih banyaknya mahasiswa calon guru yang memperlihatkan rendahnya kemampuan mereka dalam menyelesaikan berbagai permasalahan terkait dengan pembelajaran. Selain itu kurangnya informasi dan motivasi belajar mahasiswa calon guru juga menjadi penyebab ketidakstabilan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut LPTK harus membekali mahasiswanya dengan basis TPACK. TPACK adalah bentuk sinergi antara Technological Peadogogical Content Knowledge untuk meningkatkan pemahaman isi pengetahuan dan kemampuan pedagogi. Blended learning merupakan salah satu bentuk integrasi teknologi yang tepat untuk membelajarkan TPACK. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan model blended learning berbasis TPACK untuk meningkatkan motivsi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan di LPTK 2) menentukan keefektifan model blended learning berbasis TPACK untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan di LPTK dan 3) menentukan respon mahasiswa calon guru kejuruan di LPTK terhadap kemenarikan model blended learning berbasis TPACK Rancangan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R D). Penelitian ini dilakukan pada LPTK di Jawa Timur yang memiliki program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro dan S1 Pendidikan Teknik Informatika yaitu Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Malang Universitas PGRI Madiun dan STKIP PGRI Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan produk model blended learning berbasis TPACK yang telah tervalidasi serta layak diterapkan pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan (2) model blended learning berbasis TPACK efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri mahasiswa calon guru kejuruan dan (3) model blended learning berbasis TPACK lebih menarik daripada model pembelajaran yang dilakukan selama ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271943

Actions (login required)

View Item View Item