Model integrasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi dan kreativitas di SMK keahlian RPL/ Arief Rahman Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Model integrasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi dan kreativitas di SMK keahlian RPL/ Arief Rahman Yusuf

Yusuf, Arief Rahman (2022) Model integrasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan stem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi dan kreativitas di SMK keahlian RPL/ Arief Rahman Yusuf. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Yusuf Arief. 2021. Model Integrasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis atau Pemecahan Masalah Komunikasi Kolaborasi dan Kreativitas di SMK Keahlian RPL. Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Marji M. Kes (II) Dr. Eddy Sutadji M. Pd. (IIII) Dr. R.M. Sugandi M.T. Kata Kunci Project Based Learning STEM Kemampuan Berpikir Kritis Pemecahan Masalah Komunikasi Kolaborasi dan Kreativitas Pada abad 21 peserta didik harus memiliki kompetensi serta daya saing Permasalahan yang ada yaitu kurangnya kreativitas atau keterampilan berpikir kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi atas permasalahan. Integrasi pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Mathematics (STEM) menjadi solusi alternatif permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi PjBL pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah komunikasi kolaborasi dan kreativitas di SMK Keahlian RPL. Penelitian menggunakan mixed methods desain sequential eksploratory. Tahap pertama penelitian kualitatif bertujuan mendalami faktor yang mempengaruhi PjBL pendekatan STEM. Tahap kedua penelitian kuantitatif bertujuan mengetahui indikator PjBL pendekatan STEM yang berpengaruh paling tinggi hingga paling rendah terhadap kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah kolaborasi kreativitas dan komunikasi. Responden kualitatif dengan 3 responden yaitu kepala sekolah/wakil kepala sekolah kepala program studi dan guru RPL. Sampel kuantitatif berjumlah 283 siswa SMK jurusan RPL di Jawa Timur. Analisis kualitatif melalui reduksi data display atau penyajian data dan mengambil kesimpulan lalu diverifikasi. Analisis kuantitatif menggunakan kuesioner yang diisi melalui google form dengan menggunakan Teknik Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan PjBL pendekatan STEM dengan kemampuan berpikir kritis atau pemecahan masalah kolaborasi kreativitas dan komunikasi. Kemampuan komunikasi kurang efektif dalam PjBL pendekatan STEM. Rekomendasi peneliti agar kemampuan komunikasi siswa bisa efektif pihak sekolah harus memberikan pengalaman langsung di luar sekolah untuk meningkatkan motivasi agar kemampuan komunikasi siswa dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271940

Actions (login required)

View Item View Item