Pembelajaran teknik pendinginan dan tata udara untuk meningkatkan keterampilan hidupSiswa SMK / Achmad Imam Agung - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran teknik pendinginan dan tata udara untuk meningkatkan keterampilan hidupSiswa SMK / Achmad Imam Agung

Agung, Achmad Imam (2020) Pembelajaran teknik pendinginan dan tata udara untuk meningkatkan keterampilan hidupSiswa SMK / Achmad Imam Agung. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2015 juga tersebutkan pola pendidikan di SMK memiliki karakteristik yang berbeda dengan satuan pendidikan lainnya. Pada pendidikan SMK merupakan lembaga pendidikan yang membekali siswanya tidak hanya dengan pengetahuan tetapi juga keterampilan sebagai bekal/keterampilan hidup (life skill). Lulusan pendidikan di SMK yang diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dan juga mampu hidup mandiri bahkan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi terdapat kondisi riil lulusan SMK saat ini. Langkah memberdayakan generasi muda yang jumlahnya melimpah juga pemanfaatan kemajuan teknologi. Untuk itu bangsa Indonesia perlu menyiapkan generasi inovator untuk mengolah keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah menjadi produk barang / jasa yang bernilai dan menciptakan jutaan lapangan kerja baru. Untuk itu pembelajaran di SMK harus mengembangkan keterampilan Abad XXI agar menghasilkan lulusan yang ldquo innovative inventive self- motivated and self-directed creative problem solvers to confront increasingly complex global problem rdquo (Fadel 2010).Implementasi sistem pendidikan di SMK yang berorientasi technopreneur menjadi sangat penting untuk perekonomian negara satu pertanyaan yang harus direnungkan tentang adalah pendidikan kewirausahaan apakah mampu berkontribusi terhadap perekonomian.. Penelitian ini menggangkat sistem pendidikan di SMK yang berorientasi technopreneur permasalahan yang diangakat adalah bagaimana prototipe dan sintaks pembelajaran teknik pendingin dan tata udara di SMK bermuatan pengambangan nilai techopreneur untuk meningkatkan keterampilan hidup bagaimana tingkat efektivitas prototipe dan sintaks pembelajaran teknik pendingin dan tata udara di SMK bermuatan pengambangan nilai techopreneur untuk meningkatkan keterampilan hidup dan Bagaimana tingkat efisiensi dari prototipe dan sintaks pembelajaran teknik pendingin dan tata udara di SMK bermuatan pengambangan nilai techopreneur untuk meningkatkan keterampilan hidup . Penelitian dan pengembangan/Research and Development (R amp D) dalam penelitian ini digunakan sebagai prosedur untuk mengembangkan suatu model pengintegrasian nilai-nilai techopreneur sejalan dengan konsep kurikulum berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di SMK. Kajian produk pada penelitian ini Prototipe model pembelajaran pengembangan nilai-nilai technopreneurship yang tahapan implementasi dengan mengunakan modul materi dan jobsheet disimpulkan ada perbedaan rata-rata peningkatkan keterampilan hidup tingkat efisiensi disimpulkan bahwa prototipe dan sintaks pembelajaran teknik pendingin dan tata udara bermuatan pengembangan nilai technopreneur telah efisien membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan hidup tingkat efektivitas telah efektif membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan hidup

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271939

Actions (login required)

View Item View Item