Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru pengalaman KPL kreativitas kecerdasan emosional dan berfikir kritis terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 dimediasi locus of control / Zuhri Saputra Hutabarat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru pengalaman KPL kreativitas kecerdasan emosional dan berfikir kritis terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 dimediasi locus of control / Zuhri Saputra Hutabarat

Hutabarat, Zuhri Saputra (2022) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru pengalaman KPL kreativitas kecerdasan emosional dan berfikir kritis terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 dimediasi locus of control / Zuhri Saputra Hutabarat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0. Pendidikan yang berkualitas tidak akan terwujud tanpa adanya guru. Pendidikan yang berkualitas tidak akan terwujud tanpa adanya guru. Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0 sangat penting dan erat kaitannya dengan revolusi industri 4.0 yang dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran di manapun berada pola berpikir dan mengembangkan kesiapan calon guru disituasi covid 19 dengan seiring berbagai kemajuan teknologi. Sehingga tercipta generasi penerus bangsa yang unggul mampu bersaing dan siap menjadi guru era revolusi industri 4.0. Guna untuk mengaktualisasikan pembelajaran di sekolah dengan mengintegritaskan teknologi baik secara fisik/non fisik melalui ilmu pendidikan didapatkan PTN/PTS dan diterapkan dalam kegiatan KPL yang merespons kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 dengan applied research diantaranya persepsi mahasiswa tentang profesi guru pengalaman KPL kreativitas Kecerdasan Emosional Berfikir Kritis dan locus of control. Dalam mengelola hasil penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk merepresentasikan seluruh populasi sebanyak 755 dan menggunakan skala likert untuk mengukur persepsi pengalaman locus of control dan kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 tentang serangkaian pernyataan yang diberikan dalam bentuk kuesioner dan disebarkan secara online melalui google form. Sampel penelitian sebanyak 261 responden calon guru yang telah selesai melaksanakan program praktik mengajar di sekolah Provinsi Jambi Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini adalah 1) terbentuknya pemahaman positif tentang profesi guru dibenak pikiran mahasiswa. 2) melalui pengalaman program praktik mengajar di sekolah memperoleh lebih banyak referensi media pembelajaran melalui penggabungan metodel dan model pembelajaran sesuai kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang dibutuhan siswa saat ini. 3) peranan kampus dan sekolah mampu mewujudkan pendidikan cerdas melalui peningkatan kualitas pendidikan pemerataan pendidikan dan perluasan akses melalui relevansi dalam mewujudkan calon guru ekonomi era revolusi industri 4.0. Dari hasil penelitian ini diberikan beberapa saran diantaranya 1) Mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan dengan optimal fasilitas belajar dan berbagai sumber belajar yang telah disediakan oleh PTN/PTS dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti matakuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) untuk mendapatkan banyak pengalaman guna menyiapkan diri menjadi guru era revolusi industri 4.0 2) Diharapkan mahasiswa dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya selama proses pembelajaran di perguruan tinggi. Mahasiswa harus memiliki kontrol diri yang baik agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan untuk menjadi guru 3) Mahasiswa juga senantiasa benar-benar menyiapkan diri menjadi guru dengan berbagai cara seperti mengenal lebih jauh tentang profesi guru mencari tahu kabar dan informasi mengenai profesi keguruan. Dan lebih penting lagi mahasiswa dapat mengamalkan ilmu yang didapatkannya yaitu salah satunya dengan menjadi guru era revolusi industi 4.0 dan d) Mahasiswa sebagai calon guru harus memahami bahwa teknologi harus dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan kualitas pendidikan. Sebagai calon guru mahasiswa berperan agar teknologi yang berkembang begitu pesat tidak menggeser peran guru dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271936

Actions (login required)

View Item View Item