Dinamika perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) produk unggulan di Malang (kajian multi situs sektor pariwisata, industri kuliner, dan industri kerajinan) / Novi Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) produk unggulan di Malang (kajian multi situs sektor pariwisata, industri kuliner, dan industri kerajinan) / Novi Eko Prasetyo

Prasetyo, Novi Eko (2022) Dinamika perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) produk unggulan di Malang (kajian multi situs sektor pariwisata, industri kuliner, dan industri kerajinan) / Novi Eko Prasetyo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi wisata serta setiap daerahnya memiliki keunggulan masing-masing sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengembangan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (PAREKRAF). Berdasarkan (Permen PAREKRAF N0.12 2020) tentang rencana strategis kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif/badan pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2020-2024 bahwa rencana strategi ini disusun sebagai upaya untuk meningkatkan kontribusi PAREKRAF terhadap ketahanan ekonomi nasional serta mengoptimalkan penyelenggaraan tugas pemerintahan dibidang PAREKRAF. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dinamika perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (PAREKRAF) produk unggulan di Malang. Manfaat penelitian ini adalah sebagai kontribusi pemikiran dalam hal konsep dinamika PAREKRAF sebagi produk unggulan di masyarakat serta bagaimana pengembangan industri wisata dan ekonomi kreatif berdampak pada pembangunan ekonomi berkelanjutan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengeksplorasi dalam penelitian kualitatif melalui informasi sejumlah individu atau kelompok narasumber yang dianggap memahami masalah sosial maupun kemanusiaan (Creswell 2012). Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode multi situs. Situs-situs yang dikaji dalam penelitian ini adalah sektor pariwisata (desa wisata pujon kidul) industri kuliner (keripik tempe Rohani Sanan dan Oleh-oleh Lapis Malang) dan industri kerajinan (Industri Saniter dan keramik Dinoyo). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi partisipan dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 9 orang yang merupakan inisiator direktur BUMDes warga desa sekitar dan pelaku usaha ekonomi kreatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Interactive Model of Analiysis yang bergerak pada tiga komponen yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji Validitas dan reliabilitas data hasil penelitian dapat dilakukan dengan beberapa unsur tahapan berikut construct validity confirmability internal validity eksternal validity reliability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kronologis perkembangan PAREKRAF bisa dilihat dari dimensi waktu pada kurun waktu 5 tahun terakhir mulai tahun 2015 industri PAREKRAF terus mengalami perkembangan hingga tahun 2019 hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan setiap tahunnya sekitar 5% sampai dengan 80% tingkat kesejahteraan para pelaku usaha pada industri parekraf juga mengalami peningkatan hal ini dibuktikan dengan adanya pengembangan jenjang karir dan terpenuhinya kebutuhan dari pelaku usaha itu sendiri. semakin baiknya pengelolaan industri PAREKRAF dari mulai struktur organisasinya pengelolaan keuangan pemasaran pengelolaan produksi dan pengelolaan SDMnya sampai puncaknya pada tahun 2020 mengalami penurunan tingkat pendapatan akibat covid-19. Dampak adanya pandemi sangat terasa pada sektor industri PAREKRAF kondisi tersebut membuat pendapatan PAREKRAF pengalami penurunan 50% s/d 90%. Hal ini tentu berdampak langsung pada pelaku usaha pada industri PAREKRAF. Peran teknologi di era disrupsi digital membawa perubahan dalam perkembangan industri PAREKRAF. Pada saat ini desa wisata Pujon Kidul menggunakan website dan youtube sebagai wadah promosi dan meng-update konten-konten terbaru terkait desa wisata. Sedangkan pada usaha-usaha kreatif seperti kuliner dan kerajinan mereka lebih banyak menggunakan website blog facebook Instagram dan e-commerce untuk promosi sekaligus untuk memasarkan produknya. Saran terhadap 1) Pengelola PAREKRAF adalah perlunya melakukan kerjasama yang lebih intens antara pelaku usaha yang ada di industri PAREKRAF dengan beberapa pihak seperti akademisi pakar praktisi perusahaan negeri dan swasta serta pemerintah dalam memajukan industri yang ada serta melakukan perbaikan pengelolaan usaha. 2) Pemerintah daerah dalam pendukung sektor industri PAREKRAF juga sangat dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang berpihak bagi para pelaku usaha sehingga eksistensi dan keberlanjutan pada sektor pariwisata dan industri kreatif (kuliner dan kerajinan) tetap terjaga mengingat malang ini merupakan daerah wisata yang setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah wisatawan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271933

Actions (login required)

View Item View Item