Internalisasi literasi keuangan di lingkungan keluarga dalam perspektif kaum milenial (studi pada dosen dan guru ekonomi di Kabupaten Bojonegoro) / Taufiq Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi literasi keuangan di lingkungan keluarga dalam perspektif kaum milenial (studi pada dosen dan guru ekonomi di Kabupaten Bojonegoro) / Taufiq Hidayat

Hidayat, Taufiq (2022) Internalisasi literasi keuangan di lingkungan keluarga dalam perspektif kaum milenial (studi pada dosen dan guru ekonomi di Kabupaten Bojonegoro) / Taufiq Hidayat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian sebelumnya telah meneliti dampak positif dari pendidikan keuangan dalam keluarga serta konsekuensi negatif dari kurangnya pendidikan keuangan yang memadai. Namun ada kebutuhan untuk mengeksplorasi luasnya konten dan metode pendidikan keuangan oleh orang tua ke anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman para milenial tentang konten dan metode internalisasi literasi keuangan untuk anak di dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah Dosen dan Guru Ekonomi (usia 30-40 tahun) yang merupakan representasi dari generasi milenial. Secara keseluruhan informan yang terlibat berjumlah 15 orang terdiri dari 7 Dosen Ekonomi di 3 perguruan tinggi di Kabupaten Bojonegoro dan 8 Guru Ekonomi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mandalam observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang bergerak pada tiga komponen yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi metode dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada lima tema utama terkait konten (materi) internalisasi keuangan keluarga (perencanaan dan penganggaran uang menabung menghasilkan uang berbelanja berbagi) dan (2) ada tiga tema utama strategi (proses) internalisasi keuangan keluarga (diskusi praktik langsung keteladanan). Temuan ini memiliki implikasi bagi orang tua dan calon orang tua untuk lebih memahami dan melaksanakan internalisasi keuangan di dalam keluarga sebagai langkah penting dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan dan kemandirian anak di masa mendatang. Selain itu temuan ini diharapkan berguna bagi peneliti pendidikan keluangan keluarga dalam memperluas kajian internalisasi keuangan keluarga di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271930

Actions (login required)

View Item View Item