Pengembangan model montessori pada pembelajaran home economics untuk anak usia dini / Aditya Eka Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model montessori pada pembelajaran home economics untuk anak usia dini / Aditya Eka Trisnawati

Trisnawati, Aditya Eka (2022) Pengembangan model montessori pada pembelajaran home economics untuk anak usia dini / Aditya Eka Trisnawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Trisnawati Aditya Eka. 2022. Pengembangan Model Montessori pada Pembelajaran Home Economics untuk Anak Usia Dini. Disertasi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika WW MA M.Si. (II) Prof. Dr. Hari Wahyono M.Pd. (III) Dr. Sugeng Hadi Utomo MS Kata Kunci Montessori Home Economics Anak Usia Dini Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat yang hendaknya dibangun dengan empat pilar yaitu learning to know learning to do learning to be dan learning to live together. Selain itu pendidikan juga bertanggung jawab mengembangkan dan mewariskan nilai untuk dinikmati peserta didik yang kemudian ditransfer ke dalam kehidupan sehari-hari. Keselarasan antara peran pendidikan dengan problematika kehidupan sehari-hari sudah seharusnya diterapkan. Untuk itu peran Home Economics penting untuk dipelajari karena berhubungan langsung dengan kehidupan kita sehari-hari. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan model Montessori pada pembelajaran home economics untuk anak usia dini. dan (2) melihat efektifitas model Montessori pada pembelajaran home economics untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE dengan fase pengembangan meliputi Analysis Development Implentastion dan Evaluations. Pendekatan tersebut mengintegrasikan desain dan metode ilmiah untuk menghasilkan produk dan teori yang berguna secara efektif memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi individu atau kelompok. Melalui penilaian kelayakan oleh expert judgement dengan menggunakan instrument lembar validasi. Melibatkan 1.342 siswa yang terbagi menjadi tiga sub bagian wilayah yakni wilayah urban sub urban dan rural. Hasil penelitian memaparkan bahwa pembelajaran practical life with home economics terbukti layak dengan hasil penilaian oleh expert judgement dengan skor rata-rata sebesar 88% artinya produk dalam kategori sangat layak dapat digunakan tanpa revisi. Melalui materi yang dikembangkan dengan kegiatan practical life hasil menunjukkan 91 6% artinya produk dinilai sangat efektif. Dengan temuan sebagai berikut (1) Ketertarikan peserta didik mengkaji dan mengikuti proses belajar mengenai kajian home economics karena dikemas dengan metode pembejaran yang menyenangkan dan praktek secara langsung (2) Aktifnya peserta didik dalam mengkaitan materi yang diajarkan dengan kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan selama ini (3) Munculnya kesadaran bahwa peran home economics adalah meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari termasuk pengelolaan sumber daya mereka (4) Pengetahuan dan perspektif ekologis terhadap tantangan kehidupan sehari-hari pada akhirnya sangat berhubungan erat dan dapat meningkatkan kesejahteraan manusia oleh karena itu tanpa kita sadari home economics merupakan kajian ilmu yang menjadi dasar keberlanjutan (5) Produksi makanan dan konsumsi makanan saling terkait erat dengan home economics adalah hal dasar dimana para anggota keluarga merngambil keputusan mengenai pilihan konsumsi dan perilaku serta strategi cara mendapatkannya. Pembelajaran practical life with home economics untuk anak usia dini selain efektif meningkatkan pengetahuan juga terbukti efektif dalam meningkatkan sikap dan perilaku peserta didik. Ditinjau dari uji efektivitas untuk melihat pengetahuan sikap dan perilaku masuk dengan kategori ldquo efektif rdquo dengan nilai rata-rata sebesar 80.26667. Artinya 1) Temuan kritis ini berarti bahwa practical life with home economics yang diajarkan dalam penelitian ini dapat memberikan cara berfikir baru dalam pembelajaran ekonomi. 2) Melalui penelitian ini berhasil mengembangkan pengalaman dan pengetahuan bagi guru untuk merancang kegiatan pembelajaran atau topik yang bertujuan untuk menjawab problematika kehidupan nantinya. 3) Selain itu pembelajaran dalam penelitian ini memiliki arti karena terikat erat dengan kehidupan peserta didik dan mendorong mereka untuk berlatih dalam kehidupan mereka sendiri hal ini berarti program kegiatan practical life with home economics dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik yang nantinya menjadi sarana pengembangan keterampilan hidup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271927

Actions (login required)

View Item View Item