Pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan digital mind map (gi-dmm) terhadap keterampilan berpikir kritis, kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan botani dan taksonomi / Evrialiani Rosba - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan digital mind map (gi-dmm) terhadap keterampilan berpikir kritis, kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan botani dan taksonomi / Evrialiani Rosba

Rosba, Evrialiani (2021) Pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan digital mind map (gi-dmm) terhadap keterampilan berpikir kritis, kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan botani dan taksonomi / Evrialiani Rosba. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep dibutuhkan untuk mempersiapkan generasi yang siap dan adaptif menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di STKIP PGRI Sumatera Barat dan IKIP Budi Utomo Malang terungkap bahwa keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa masih rendah. Penyebab masih rendahnya keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa karena belum terlatihkan secara kontinyu dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya perubahan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran Group Investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang mengorganisasi mahasiswa ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelidiki dan membuat mahasiswa bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa. Model pembelajaran GI memiliki kelemahan salah satu kelemahan yaitu memerlukan waktu lama dalam pelaksanaan tiap tahapan sintaksnya. Akibatnya tidak semua tahapan sintaks dapat terlaksana dalam setiap kali pertemuan salah satu tahapan sintaks yaitu evaluasi. Mengatasi kelemahan tersebut diperlukan bantuan digital mind map (DMM). DMM disebut juga dengan elektronik mind map yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi. Peranan DMM salah satunya mampu menerangkan sesuatu konsep yang abstrak atau sukar diterangkan oleh teks Berdasarkan uraian tersebut diharapkan model pembelajaran group investigation berbantuan digital mind map (GI-DMM) dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada dua perguruan tinggi yaitu di IKIP Budi Utomo Malang dan STKIP PGRI Sumatera Barat dengan menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sekaligus sampel penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 75 orang dan STKIP PGRI Sumatera Barat yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 54 orang. Variabel bebas dalam penelitian adalah model pembelajaran Group Investigation berbantuan Digital Mind Map (GI-DMM) dan pembelajaran konvensional-DMM. Variabel terikatnya terdiri atas keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep. Instrumen penelitian untuk keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep menggunakan soal essay sedangkan untuk kreativitas menggunakan lembar penilaian produk digital mind map. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi instrumen lembar observasi dan lembar angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan statistik anakova dan regresi dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian yang diimplementasikan pada dua perguruan tinggi yaitu IKIP Budi Utomo Malang dan STKIP PGRI Sumatera Barat menunjukkan bahwa model pembelajaran GI-DMM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa pada perkuliahan Botani dan Taksonomi. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa kelas GI-DMM lebih tinggi daripada kelas pembelajaran konvensional-DMM di IKIP Budi Utomo Malang. Hasil penelitian yang dilakukan di IKIP Budi Utomo Malang dikonfirmasi pada perguruan tinggi STKIP PGRI Sumatera Barat dengan hasil nilai rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa kelas GI-DMM lebih tinggi dari pada kelas pembelajaran konvensional-DMM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI-DMM lebih baik dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa dibandingkan pembelajaran konvensional-DMM di IKIP Budi Utomo Malang dan STKIP PGRI Sumatera Barat pada Program Studi Pendidikan Biologi. Peneliti merekomendasikan model pembelajaran GI-DMM sebagai salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir abad 21.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271916

Actions (login required)

View Item View Item