Pengembangan handout digital mikrobiologi tentang daya antagonisme kapang antagonis untuk meningkatkan keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan handout digital mikrobiologi tentang daya antagonisme kapang antagonis untuk meningkatkan keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2022) Pengembangan handout digital mikrobiologi tentang daya antagonisme kapang antagonis untuk meningkatkan keterampilan proses sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif mahasiswa / Khusnul Khotimah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan proses sains keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif sangat dibutuhkan untuk lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Universitas Tribhuwana Tunggadewi pada jurusan Teknologi Industri Pertanian terungkap bahwa keterampilan proses sains keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang dimiliki oleh mahasiswa masih sangat tergolong rendah. Beberapa faktor penyebab rendahnya keterampilan proses sains keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang dimiliki oleh mahasiswa pada matakuliah Teknologi Bioindustri yaitu (1) Belum terdapat bahan ajar yang menunjang pembelajaran (2) Proses pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas sebelumnya dinilai kurang efektif dalam mengembangkan minat bertanya mahasiswa (3) Mahasiswa masih kurang mampu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan oleh dosen (4) Sebagian besar mahasiswa berasal dari daerah tertinggal (5) Rendahnya keterampilan proses sains yang dimiliki oleh mahasiswa salah satu diantaranya karena keterbatasan prasarana di laboratorium. Berdasarkan beberapa hasil temuan tersebut maka peneliti mengembangkan bahan ajar berupa handout digital yang memiliki beberapa keunggulan yaitu (1) handout digital dapat dibagikan melalui link flipbuilder (2) praktis dan bisa diakses dimana saja (3) Isi handout digital bersifat faktual yang merupakan hasil penelitian eksperimen di laboratorium (4) Handout digital didalamnya dilengkapi dengan capaian pembelajaran tujuan pembelajaran petunjuk penggunaan dasar teori dengan dilengkapi gambar-gambar menarik yang diambil dari hasil penelitian eksperimen di laboratorium kegiatan praktikum yang dilengkapi dengan video tugas terstruktur evaluasi dan glosarium. Harapan peneliti dengan mengembangkan handout digital dapat meningkatkan keterampilan proses sains keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu penelitian eksperimen laboratorium dan penelitian pengembangan. Penelitian eksperimen dilaksanakan di LAB Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Selanjutnya hasil perlakukan eksperimen tersebut dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa Handout digital yang selanjutnya diimplementasikan pada program studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Pengembangan Model pembelajaran yang diterapkan mengadopsi dari ADDIE menurut Robert Matie Branch (2009) yaitu 1) Analyze 2) Design 3) Develop 4) Implement dan 5) Evaluate. Kemudian tahap implementasi subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelompok mahasiswa menggunakan handout digital Mikrobiologi berbasis hasil penelitian eksperimen dengan menggunakan model PBL selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan kelas kontrol adalah kelompok mahasiswa yaitu menggunakan model pembelajaran PBL tetapi tanpa menggunakan Handout digital Mikrobiologi yang dikembangkan. Kedua kelas tersebut diberikan pretest sebelum pembelajaran dimulai dan postes setelah pembelajaran berakhir. Instrumen untuk keterampilan proses sains menggunakan soal pilihan ganda sedangkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa menggunakan soal essay. Hasil belajar kedua kelas dibandingkan berdasarkan peningkatan nilai posttest terhadap nilai pretest. Kemudian dilakukan penghitungan N-gain skor. Selanjutnya dilakukan uji analisis statistik anacova untuk mengetahui efektivitas Handout digital terhadap keterampilan proses sains keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan handout digital berbasis hasil penelitian eksperimen dengan model pembelajaran model PBL memiliki nilai rerata N-gain skor lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan tanpa menggunakan handout digital berbasis hasil penelitian eksperimen namun menggunakan model pembelajaran PBL. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Handout digital Mikrobiologi berbasis hasil penelitian eksperimen di laboratorium merupakan bahan ajar yang valid ditinjau dari keseluruhan isi dalam bahan ajar praktis ditinjau dari segi keterlaksanaan selama pembelajaran dan efektif dilihat berdasarkan hasil nilai uji N-gain keterampilan berpikir kritis keterampilan proses sains dan hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271907

Actions (login required)

View Item View Item