Pengembangan bahan ajar monograf keanekaragaman odonata di perairan tawar Bengkulu dalam problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pengetahuan ekologi, dan sikap lingkungan mahasiswa / Siti Darwa Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar monograf keanekaragaman odonata di perairan tawar Bengkulu dalam problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pengetahuan ekologi, dan sikap lingkungan mahasiswa / Siti Darwa Suryani

Suryani, Siti Darwa (2022) Pengembangan bahan ajar monograf keanekaragaman odonata di perairan tawar Bengkulu dalam problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, pengetahuan ekologi, dan sikap lingkungan mahasiswa / Siti Darwa Suryani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Siti Darwa Suryani 2021. Pengembangan Bahan Ajar Monograf Keanekaragaman Odonata di Perairan Tawar Bengkulu dalam Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pengetahuan Ekologi dan Sikap Lingkungan Mahasiswa. Pembimbing I dan Pembimbing II (1) Prof. Dr. Fatchur Rohman M.Si. (II) Dr. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata Kunci Berpikir kritis keanekaragaman Odonata monograf pengetahuan ekologi sikap lingkungan. Pendidikan di perguruan tinggi menekankan pada penguasaan mahasiswa terhadap IPTEK keterampilan pengetahuan afeksi kompetensi sesuai dengan bidangnya. Mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai keterampilan abad 21 salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini diperlukan untuk memecahkan permasalahan lingkungan. Keterampilan berpikir kritis berhubungan dengan bagaimana mahasiswa bersikap terhadap alam dan lingkungan di sekitarnya. Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan secara maksimal apabila mahasiswa memiliki pengetahuan ekologi yang baik. Mahasiswa yang dapat berpikir secara kritis terhadap lingkungan memiliki peran penting dalam pencegahan dan penanggulangan masalah lingkungan. Keterampilan tersebut dapat dibelajarkan melalui pendidikan dengan berbantuan sumber belajar kontekstual contohnya monograf. Monograf dapat digunakan sebagai komponen pendukung proses pembelajaran yang memuat hasil penelitian. Contoh penelitian yang dapat dijadikan materi monograf adalah kajian keanekaragaman Odonata di Perairan Tawar Bengkulu. Keberadaan Odonata memiliki peran dan manfaat yang penting dalam suatu ekosistem diantaranya sebagai predator dan bioindikator suatu lingkungan. Danau Dusun Besar dan Sungai Kemumu merupakan habitat alami bagi Odonata. Danau Dusun Besar telah mengalami alih fungsi lahan karena meningkatnya jumlah populasi penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku monograf berbasis keanekaragaman Odonata di Danau Dusun Besar dan Sungai Kemumu Bengkulu sebagai sumber belajar yang valid praktis dan efektif dalam Problem based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pengetahuan ekologi dan sikap lingkungan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Branch yang terdiri atas lima tahap yakni menganalisis (analyze) merancang (design) mengembangkan (develop) mengimplementasikan (implement) dan mengevaluasi (evaluate). Tahap analyze dilakukan dengan menganalisis kesenjangan di lapangan. Tahap design terdiri dari kegiatan merancang outline monograf yang terdiri atas bagian awal bagian isi dan bagian akhir. Tahap develop dilakukan dua tahap yaitu penelitian eksplorasi keragaman Odonata di Danau Dusun Besar dan Sungai Kemumu secara morfologi dan genetik serta pengembangan produk monograf. Hasil eksplorasi keanekaragaman Odonata menunjukkan bahwa di Danau Dusun Besar ditemukan Sembilan spesies yang tergolong subordo Anisoptera dan satu spesies yang tergolong subordo Zigoptera. Hasil eksplorasi juga menunjukkan bahwa di Sungai Kemumu ditemukan 12 spesies yang tergolong subordo Anisoptera dan 7 spesies yang tergolong subordo zigoptera. Hasil identifikasi secara molekuler menunjukkan adanya 12 clade utama berdasarkan kontruksi pohon filogenik dengan pendekatan Neigbor joining (NJ). Jarak genetik antar kelompok pada masing masing clade cukup tinggi yaitu sebesar 0 151-0 437 artinya Odonata dapat dibedakan pada tingkat genus hingga filum dengan jelas. Indeks keanekaragaman diperoleh dari perhitungan menggunakan rumus Shannon Winner (H rsquo ) menunjukkan tingkat keanekaragaman pada Danau dan Sungai tergolong sedang dengan nilai 1.97 perairan Danau dan 2.31 untuk perairan Sungai Kemumu. Pada tahap implement dilakukan uji coba produk untuk melihat efektivitas produk monograf yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pengetahuan ekologi dan sikap lingkungan mahasiswa yang memprogram matakuliah ekologi. Tahap Evaluate dilakukan untuk menganalisis hasil uji coba monograf. Data yang diperoleh pada tahap penelitian ini berupa analisis validitas kepraktisan dan efektivitas monograf yang dikembangkan. Uji efektivitas monograf menggunakan uji paired t-test dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat terlebih dahulu dilakukan sebelumnya yaitu uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov uji homogenitas dengan uji Levene. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa monograf berbasis riset memenuhi kriteria valid yang dinyatakan dari hasil penilaian ahli materi (94 17%) dengan kategori sangat valid ahli pengembangan bahan ajar media (98 48%) dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh kelompok kecil kelompok besar dosen dan secara berturut-turut diperoleh nilai sebesar 88 37% 84 79% dan 94% dengan kategori praktis. Hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa monograf efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis pengetahuan ekologi dan sikap lingkungan mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0 00 yang lebih kecil dari nilai p- value 0 05. Artinya terdapat perbedaan antara tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa monograf berbasis riset dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang telah memenuhi kriteria pengembangan bahan ajar yang valid praktis dan efektif. Selain itu monograf ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis pengetahuan ekologi dan sikap lingkungan mahasiswa pada mata kuliah Ekologi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271905

Actions (login required)

View Item View Item