Pengaruh project based learning dilengkapi mind mapping (pjbl-mm) dan gender terhadap pemahaman hakikat sains, kesadaran metakognisi, keterampilan berpikir kreatif, dan sikap lingkungan mahasiswa / Sri Sukaesih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning dilengkapi mind mapping (pjbl-mm) dan gender terhadap pemahaman hakikat sains, kesadaran metakognisi, keterampilan berpikir kreatif, dan sikap lingkungan mahasiswa / Sri Sukaesih

Sukaesih, Sri (2022) Pengaruh project based learning dilengkapi mind mapping (pjbl-mm) dan gender terhadap pemahaman hakikat sains, kesadaran metakognisi, keterampilan berpikir kreatif, dan sikap lingkungan mahasiswa / Sri Sukaesih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran sains di perguruan tinggi bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan akademik dan profesional yang diperlukan untuk hidup di abad 21. Saat ini masih terjadi proses pembelajaran sains yang cenderung berfokus pada membelajarkan konten sains. Implementasi konsep prinsip dan keterkaitan sains dalam kehidupan menjadi hal penting. Mahasiswa diharapkan menjadi individu yang peka terhadap permasalahan lingkungan dan isu-isu sosial. Oleh karena itu pemahaman hakikat sains menjadi hal mendasar untuk menjadi scientific literacy. Kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan diperlukan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan tepat. Model pembelajaran yang inovatif menjadi sarana efektif untuk membekali mahasiswa menguasai pengetahuan keterampilan berpikir dan sikap lingkungan. Berbagai penelitian melaporkan bahwa model pembelajaran Project based Learning (PjBL) dan teknik mind mapping (MM) memiliki keunggulan serta terbukti secara signifikan berpengaruh positif terhadap hasil-hasil belajar. Namun model PjBL memiliki kekurangan yang dapat dilengkapi dengan memadukan teknik pembelajaran lainnya diantaranya mind mapping. Gender (mahasiswa laki-laki dan perempuan) dalam pembelajaran menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan Project based Learning dilengkapi Mind Mapping (PjBL-MM) dan gender terhadap pemahaman hakikat sains atau Nature of Science (NOS) kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain the pretest-posttest non equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang yang mengambil Mata Kuliah Pendidikan Konservasi sebanyak 5 kelas. Subyek penelitian diambil secara random terdiri 3 kelas (kelas PjBL-MM PjBL dan konvensional) yang berjumlah 98 orang mahasiswa (40 laki-laki 58 perempuan). Variabel bebas yaitu model Project based Learning dilengkapi Mind Mapping (PjBL-MM) model PjBL dan pembelajaran konvensional. Variabel terikat terdiri atas pemahaman hakikat sains kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan. Instrumen pemahaman NOS menggunakan Views of Nature of Science form B instrumen kesadaran metakognisi menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) instrumen keterampilan berpikir kreatif menggunakan tes essay berpikir kreatif dan instrumen sikap lingkungan menggunakan Environmental Attitudes Inventory (EAI). Uji hipotesis diawali dengan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas). Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov rsquo s test sedangkan uji homogenitas menggunakan Levene rsquo s test. Analisis pengaruh penerapan model terhadap variabel terikat menggunakan uji anakova dua jalur pada taraf signifikansi 5%. Uji lanjut dilakukan dengan teknik Least Difference Significance (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL dipadu Mind Mapping (PjBL-MM) PjBL dan konvensional terhadap pemahaman hakikat sains kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan mahasiswa jurusan biologi Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan rerata terkoreksi uji Least Significant Difference mahasiswa yang mengikuti pembelajaran model PjBL-MM memperoleh rerata terkoreksi pemahaman hakikat sains kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan paling tinggi bila dibandingkan dengan model pembelajaran PjBL dan konvensional. Ada pengaruh gender terhadap pemahaman hakikat sains keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan mahasiswa jurusan biologi Universitas Negeri Semarang. Namun tidak ada pengaruh gender terhadap kesadaran metakognisi mahasiswa. Rerata terkoreksi uji Least Significant Difference pemahaman hakikat sains dan sikap lingkungan menunjukkan mahasiswa perempuan lebih tinggi bila dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki sedangkan rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif mahasiswa laki-laki lebih tinggi bila dibandingkan dengan mahasiswa perempuan. Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap sikap lingkungan mahasiswa. Namun tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap pemahaman hakikat sains kesadaran metakognisi dan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Mahasiswa perempuan yang mengikuti pembelajaran model PjBL-MM memperoleh rerata terkoreksi sikap lingkungan paling tinggi bila dibandingkan dengan kelompok interaksi model dan gender lainnya. Simpulan penelitian ini bahwa model Project Based Learning (PjBL) dilengkapi Mind Mapping (PjBL-MM) memiliki kontribusi yang lebih besar dalam memberdayakan pemahaman hakikat sains kesadaran metakognisi keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan mahasiswa dibanding model PjBL dan pembelajaran konvensional. Faktor gender (mahasiswa laki-laki dan perempuan) memberi pengaruh terhadap pemahaman hakikat sains keterampilan berpikir kreatif dan sikap lingkungan mahasiswa. Namun gender tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognisi. Rekomendasi penelitian ini bahwa model PjBL-MM dapat digunakan sebagai alternatif model yang inovatif untuk membekali mahasiswa memiliki kecakapan akademik dan profesional yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271903

Actions (login required)

View Item View Item