Pengembangan model pembelajaran PQDis_CSR dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, kesadaran metakognitif, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa SMA / Natalia Rosa Keliat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran PQDis_CSR dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, kesadaran metakognitif, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa SMA / Natalia Rosa Keliat

Keliat, Natalia Rosa (2022) Pengembangan model pembelajaran PQDis_CSR dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, kesadaran metakognitif, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa SMA / Natalia Rosa Keliat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keliat Natalia Rosa. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran PQDiS_CSR dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Kesadaran Metakognitif Keterampilan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd. (III) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran PQDiS_CSR keterampilan metakognitif kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif. Perkembangan ilmu pengetahuan serta tantangan yang dihadapi dunia pada era globalisasi memengaruhi semua aspek kehidupan manusia salah satu diantaranya adalah aspek pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam mempersiapkan generasi bangsa agar dapat menghadapi perkembangan serta perubahan dunia. Generasi bangsa dalam hal ini siswa-siswa harus dibekali dengan keterampilan-keterampilan hidup yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan hidup abad 21 seperti keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran PQDiS_CSR merupakan model pembelajaran yang dipilih untuk mengembangkan keterampilan metakognitif kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku model pembelajaran PQDiS_CSR yang layak digunakan. Tujuan penelitian meliputi (1) menguji validitas model pembelajaran PQDiS_CSR serta perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran Biologi (2) menguji kepraktisan model pembelajaran PQDiS_CSR pada pembelajaran Biologi (3) menguji keefektifan model pembelajaran PQDiS_CSR pada pembelajaran Biologi Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan menurut Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu Preliminary research (penelitian pendahuluan) Prototyping phase (fase pengembangan) dan Assessment phase (fase penilaian). Preliminary Research diinisiasi dengan menganalisis kebutuhan melalui kegiatan survei kesadaran metakognitif yang dilakukan di SMA dalam pelajaran biologi serta analisis hasil tes kognitif pada pelajaran Biologi. Pada fase ini dilakukan kajian literatur pengembangan kerangka konseptual kajian teori-teori belajar serta mempersiapkan instrumen yang diperlukan untuk mengembangkan model pembelajaran PQDiS_CSR. Adapun topik yang dipilih meliputi materi Bakteri Protista Fungi Plantae Animalia. Pada fase Development or Prototyping Phase dilakukan perancangan perancangan buku model yang meliputi model pembelajaran perancangan sintaks model perancangan perangkat pembelajaran dan perancangan instrumen penelitian. Pada assessment phase dilakukan evaluasi sumatif atau uji coba untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan dari model pembelajaran PQDiS_CSR terhadap keterampilan metakognitif kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif . Keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes essai yang terintegrasi. Kesadaran metakognitif diukur dengan menggunakan kuesioner inventori kesadaran metakognitif. Keterampilan metakognitif kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis serta hasil hasil belajar kognitif diuji dengan menggunakan analisis kovarian dilanjutkan dengan uji post hoc dan uji N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian menemukan hal-hal sebagai berikut (1) Model pembelajaran PQDiS_CSR merupakan pola atau rancangan pembelajaran konstruktif dengan menerapkan strategi-strategi metakognitif dalam sintaks pembelajarannya (2) Model pembelajaran PQDiS_CSR terdiri atas tujuh tahapan pembelajaran yang mencakup tahapan previewing questioning discussing a problem solving creating sharing remapping mind (3) Model pembelajaran PQDiS_CSR dilengkapi oleh perangkat dan instrumen pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang telah valid serta reliable untuk diaplikasikan dalam pembelajaran biologi (4) Model pembelajaran PQDiS_CSR dinyatakan valid dan reliabel untuk dapat digunakan pada pembelajaran biologi di kelas melalui penilaian ahli (5) Model pembelajaran PQDiS_CSR memenuhi nilai kepraktisan dalam meningkatkan keterampilan metakognitif kesadaran metakognitif keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif. Uji kepraktisan diukur melalui uji keterlaksanaan model pembelajaran PQDiS_CSR dan respon siswa terhadap pembelajaran. Semua sintaks tahapan model pembelajaran PQDiS_CSR dalam pembelajaran biologi di kelas telah terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon sangat positif dari siswa (6) Model pembelajaran PQDiS_CSR menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rerata terkoreksi kognitif pada model pembelajaran PQDiS_CSR mencapai 78 11 yang berbeda signifikan dari rerata terkoreksi kognitif SSCS yang hanya mencapai 73 97 dan PQ4R yang mencapai 73 52 serta konvensional yang hanya mencapai 68 12. (7) Hasil penelitian menunjukkan pengaruh model pembelajaran PQDiS_CSR yang signifikan terhadap keterampilan metakognitif siswa. Rerata terkoreksi keterampilan metakognitif pada model pembelajaran PQDiS_CSR mencapai 62 57 yang berbeda signifikan dari rerata terkoreksi keterampilan metakognitif SSCS yang hanya mencapai 58 62 dan PQ4R yang mencapai 58 15 serta konvensional yang hanya mencapai 54 02 (8) Model pembelajaran PQDiS_CSR berpengaruh signifikan terhadap kesadaran metakognitif siswa (9) Model pembelajaran PQDiS_CSR menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis pada model pembelajaran PQDiS_CSR mencapai 81 19 yang berbeda signifikan dari rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis SSCS yang hanya mencapai 77 11 dan PQ4R yang mencapai 76 97 serta konvensional yang hanya mencapai 71 96 (10) Hasil uji N-Gain ternormalisasi pada keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model pembelajaran PQDiS_CSR berada pada level medium sedangkan Hasil uji N-Gain ternormalisasi pada keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran PQDiS_CSR berada level high.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271901

Actions (login required)

View Item View Item