Pengaruh macam pembelajaran aktif berbasis tpack (technological, pedagogical, and content knowledge) pada matakuliah genetika untuk meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan literasi sains mahasiswa / Erni Angraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh macam pembelajaran aktif berbasis tpack (technological, pedagogical, and content knowledge) pada matakuliah genetika untuk meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan literasi sains mahasiswa / Erni Angraini

Angraini, Erni (2022) Pengaruh macam pembelajaran aktif berbasis tpack (technological, pedagogical, and content knowledge) pada matakuliah genetika untuk meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan literasi sains mahasiswa / Erni Angraini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas literasi digital dan literasi sains merupakan keterampilan abad 21 yang diperlukan mahasiswa terutama pada era digital saat ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kreativitas literasi digital dan literasi sains mahasiswa masih kategori rendah dan cukup sehingga perlu diberdayakan dan ditingkatkan. Kreativitas mahasiswa sains rendah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya mahasiswa dalam menghasilkan ide baru dan minimnya pengalaman metode pembelajaran yang tidak efektif dalam memberdayakan kreativitas mahasiswa terutama mahasiswa sains. Literasi digital yang minim akan berdampak pada kreativitas mahasiswa dalam menggunakan berbagai teknologi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa kurang kritis dalam penggunaan seleksi dan evaluasi teknologi digital terutama untuk tujuan pembelajaran dan proses akademik. Kreativitas dan literasi digital yang baik pada mahasiswa sains akan berdampak kepada literasi sains mereka. Literasi sains dibutuhkan mahasiswa Biologi untuk menjadikan mahasiswa kompeten dalam menyelesaikan berbagai permasalahan baru yang muncul terutama di kehidupan sehari-hari. Genetika merupakan salah satu matakuliah mahasiswa Jurusan Biologi. Genetika merupakan matakuliah yang dianggap sulit bagi mahasiswa karena beberapa materi yang bersifat abstrak dan kompleks oleh karena itu pendidik memerlukan strategi yang tepat dalam mengajar matakuliah Genetika. Pembelajaran aktif merupakan salah satu strategi dalam peningkatan kualitas mahasiswa. Pendidik juga memerlukan kerangka kerja yang menggabungkan ketiga aspek yaitu pengetahuan teknologi pengetahuan pedagogi dan pengetahuan konten yang disebut Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). Berdasarkan hasil wawancara kepada dosen pengampu Genetika model pembelajaran yang sering digunakan di Program Studi S1 Biologi Universitas Negeri Malang adalah RQA (Reading Questioning Answering) dan PBL (Problem-based Learning). Penelitian ini juga mencoba menggabungkan kedua model pembelajaran tersebut sehingga tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran aktif berbasis TPACK dengan 3 model pembelajaran berbeda yaitu PBL RQA dan PBL-RQA terhadap kreativitas literasi digital dan literasi sains mahasiswa pada matakuliah Genetika. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S1 Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest three treatment design. Responden merupakan mahasiswa Biologi yang memprogram matakuliah Genetika 2 pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Beberapa model yang digunakan dalam strategi pembelajaran aktif berbasis TPACK pada pembelajaran Genetika adalah PBL RQA dan PBL-RQA. Pembelajaran dilakukan selama satu semester. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Pengukuran kreativitas menggunakan tes dalam bentuk uraian. Pengukuran literasi digital menggunakan kuesioner. Pengukuran literasi sains menggunakan tes. Tes kreativitas kuesioner literasi digital dan tes literasi sains mahasiswa disebar melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak berbeda secara signifikan ketiga kelas pembelajaran aktif berbasis TPACK dengan model pembelajaran berbeda yaitu PBL RQA dan PBL-RQA pada matakuliah Genetika dalam meningkatkan kreativitas literasi digital dan literasi sains mahasiswa. Ketiga model pembelajaran aktif berbasis TPACK berpotensi dalam meningkatkan kreativitas literasi digital dan literasi sains mahasiswa sehingga pendidik dapat memilih antara ketiga model pembelajaran yang digunakan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik. Ketiga pembelajaran aktif berbasis TPACK tersebut dapat dijadikan rekomendasi dalam merancang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271900

Actions (login required)

View Item View Item