Pengaruh Pemanfaatan Permainan Sirkuit Tutty Frutty Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 39 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pemanfaatan Permainan Sirkuit Tutty Frutty Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 39 Malang

Putri, Aisyah Brillinda (2022) Pengaruh Pemanfaatan Permainan Sirkuit Tutty Frutty Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 39 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh dari permainan sirkuit tutty frutty terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di TK ABA 39 Malang. Metode pada penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain intact-group comparison. Subjek penelitian ini berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun yang selanjutnya dibagi secara acak untuk menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akan sebelum diberi treatment masih berada pada ktiteria kurang, namun setelah diberi treatment anak sudah mengalami peningkat dan berada pada kriteria baik. Uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat pengarauh pemanfaatan permainan sirkuit tutty frutty terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Kemudian koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 86,1% yang artinya kemampuan berpikir simbolik anak dipengaruhi oleh permainan sirkuit tutty frutty. Keywords: Sirkuit Tutty Frutty, Berpikir Simbolik, Anak Usia 5-6 Tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SIRKUIT TUTTY FRUTTY, BERPIKIR SIMBOLIK, ANAK USIA 5-6 TAHUN.
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:32
Last Modified: 03 Apr 2023 01:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item