Pengembangan model pembelajaran GIReSiMCo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA di Kabupaten Manggarai / Maria Senisum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran GIReSiMCo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA di Kabupaten Manggarai / Maria Senisum

Senisum, Maria (2022) Pengembangan model pembelajaran GIReSiMCo untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA di Kabupaten Manggarai / Maria Senisum. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran biologi abad 21 diarahkan agar siswa belajar tidak saja untuk memahami konsep tetapi yang paling penting adalah memberdayakan kompetensi yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan yang dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain 4D (define design develop and disseminate) yang dimodifikasi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan model pembelajaran biologi yang valid praktis dan efektif untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tahap define dioperasionalkan dengan mengidentifikasi permasalahan pembelajaran biologi di lapangan menganalisis karakter kemampuan akademik dan mengidentifikasi topik pembelajaran biologi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Tahap design dilakukan dengan mendesain model pembelajaran yang dinamai GIReSiMCo yang dilengkapi dengan instrumen pembelajaran sesuai model GIReSiMCo. Model pembelajaran ini merupakan integrasi model pembelajaran guided inquiry dengan model RMS (reading sharing and mind mapping) yang menghasilkan delapan langkah pembelajaran. Tahap develop merupakan tahap di mana model GIReSiMCo dan instrumen pembelajarannya divalidasi sedangkan tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan model yang didesain menjasi penelitian eksperimen. Data yang dikumpulkan selain data kualitatif juga terdapat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GIReSiMCo sebagai model baru dalam pembelajaran biologi merupakan model yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Pembelajaran model GIReSiMCo pada masa yang akan datang cocok diterapkan dalam pembelajaran sains untuk memberdayakan beragam kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan abad 21.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271898

Actions (login required)

View Item View Item