Pengembangan media digital untuk pembelajaran PJLB dalam melatih keterampilan 4C pada calon guru biologi / Dasrieny Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media digital untuk pembelajaran PJLB dalam melatih keterampilan 4C pada calon guru biologi / Dasrieny Pratiwi

Pratiwi, Dasrieny (2022) Pengembangan media digital untuk pembelajaran PJLB dalam melatih keterampilan 4C pada calon guru biologi / Dasrieny Pratiwi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan keterampilan abad 21 saat ini menjadi tujuan dari pembelajaran mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Keterampilan abad 21 seperti Critical thinking Communication Collaboration dan Creativity (4C) perlu dilatihkan melalui pembelajaran yang diikuti siswa demikian halnya dengan calon guru yang ada pada jenjang pendidikan tinggi. Calon guru mengikuti perkuliahan yang dirancang oleh dosen dimana melalui perkuliahan tersebut dapat memfasilitasi melatihkan keterampilan dari calon guru. Seorang calon guru pada akhirnya diharapkan untuk dapat merancang pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada mata kuliah strategi pembelajaran biologi kemampuan ini diajarkan namun ada beberapa kendala selama ini yang ditemui pada perkuliahan Strategi Pembelajaran diantaranya calon guru tidak mengerjakan tugas merancang RPP dari hasil pemikirannya sendiri namun mereka mengambil secara instan RPP yang telah ada di internet tanpa mengetahui dasar dari pemilihan strategi pembelajaran. Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) memiliki beberapa kendala yaitu calon guru lupa membawa LKM LKM rusak karena basah terkena tumpahan cairan dan lain sebagainya. Calon guru kurang maksimal dalam mengerjakan tugas akibatnya kemampuan dalam membuat RPP belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan media digital dasplanonline untuk calon guru dalam membuat RPP pada mata kuliah strategi pembelajaran biologi. Pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah tersebut menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan menugaskan calon guru untuk menyelesaikan project mendesain pembelajaran yang sesuai pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media digital dasplanonline yang valid praktis dan efektif untuk pembelajaran PjBL dalam melatih keterampilan 4C. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Abidin amp Tho 2018) yang dilakukan dalam lima fase yaitu Analysis Phase (fase analisis) Design Phase (fase mendesain) Development Phase (fase pengembangan) Implementation Phase (fase implementasi) dan Evaluation Phase (fase penilaian). Uji validitas dilakukan oleh ahli media pembelajaran ahli pendidikan dan juga praktisi pendidikan. Uji praktikalitas dan efektifitas dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Radin Intan Lampung pada bulan Februari-Mei 2019 yang dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan pada Program Studi Pendidikan Biologi di kelas Semester 6 mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi. Sebanyak tiga kelas digunakan untuk menguji efektivitas pada penelitian ini yaitu kelas A (menggunakan media digital dasplanonline melalui pembelajaran PjBL) kelas B (menggunakan LKM melalui pembelajaran PjBL) dan kelas C (kelas konvensional). Hasil penelitian diperoleh bahwa media digital dasplanonline yang valid praktis dan efektif. Nilai validasi sebesar 96 79% dan memiliki kategori sangat valid dan sangat baik untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran PjBL dengan menggunakan bantuan media digital dasplanonline ini sintaknya terlaksana semua dan memperoleh respon positif dari calon guru. Berdasarkan uji efektivitas memperoleh hasil nilai sig. alpha 0 002 untuk nilai keterampilan critical thinking yang berarti terdapat perbedaan nilai keterampilan critical thinking antara kelas A B dan C. Hal ini dikarenakan pada kelas eksperimen menggunakan media digital dasplanonline yang meminta calon guru memberikan alasan terhadap pemilihan untuk setiap keputusan terhadap point pada bagian RPP dengan kata lain untuk menentukan keputusan dibutuhkan keterampilan critical thinking dan hal ini dilatihkan pada media digital dasplanonline. Hasil lain dari uji efektifitas diperoleh nilai sig. alpha 0 04 untuk nilai keterampilan creativity yang bertarti terdapat perbedaan nilai keterampilan creativity antara kelas A B dan C. Terdapatnya perbedaan ini dikarenakan ada hubungan yang era tantara keterampilan critical thinking dengan keterampilan creativity. Kelebihan media digital ini dapat digunakan berkali-kali kapanpun dan dimanapun calon guru berada tanpa khawatir tertinggal serta rusak terkena tumpahan cairan dengan demikian penggunaan media digital dasplanonline untuk pembelajaran PjBL diyakini memiliki manfaat untuk melatihkan critical thinking dan creativity. Terdapat kendala dalam penggunan dari media digital ini yaitu harus terkoneksi dengan internet dalam penggunaannya dan media digital ini belum mampu untuk mengukur penguasaan konsep sains dari calon guru ketika merancang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271897

Actions (login required)

View Item View Item