Pengembangan modul mikrobiologi berbasis guided inquiry penelitian bakteri termofilik dari sumber air panas hatuasa terhadap hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains mahasiswa. / Sarty Imkari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mikrobiologi berbasis guided inquiry penelitian bakteri termofilik dari sumber air panas hatuasa terhadap hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains mahasiswa. / Sarty Imkari

Imkari, Sarty (2022) Pengembangan modul mikrobiologi berbasis guided inquiry penelitian bakteri termofilik dari sumber air panas hatuasa terhadap hasil belajar kognitif, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains mahasiswa. / Sarty Imkari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imkari Sarty. 2022. Pengembangan Modul Mikrobiologi berbasis Guided Inquiry Penelitian bakteri Termofilik dari Sumber Air Panas Hatuasa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Disertasi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd (II) Dr. Umie Lestari M.Si (III) Dr. Ibrohim M.Si. Kata kunci Modul Mikrobiologi Guided inquiry Bakteri Termofilik Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Modul adalah bahan ajar cetak yang dirancang untuk digunakan secara mandiri karena dilengkapi dengan uraian materi ajar dan cara penilaian yang sistematis menarik yang dirancang untuk memudahkan mahasiswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul sebagai bahan ajar dapat dikemas berbasis guided inquiry dengan tahapan yaitu 1) menemukan masalah 2) merumuskan masalah 3) mengumpulkan data 4) menganalisis data dan 5) membuat kesimpulan. Modul yang dikembangkan dapat memuat pembelajaran kontekstual berdasarkan hasil penelitian dan kegiatan praktikum dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami konsep secara mendalam dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains adalah keterampilan fisik dan mental yang berkaitan dengan kemampuan dasar yang dimiliki dikuasai dan diterapkan pada kegiatan ilmiah untuk menemukan sesuatu yang baru. Pembelajaran kontekstual terkait peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat menarik minat mahasiswa untuk mempelajari dan melakukan isolasi karakterisasi dan identifikasi bakteri termofilik. Bakteri termofilik adalah bakteri yang hidup di lingkungan panas suhu 450C - 65 0C. Bakteri termofilik dapat menghasilkan enzim yang tahan terhadap suhu tinggi yang disebut enzim termostabil yang dapat digunakan dalam proses industri dan Bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu modul yang didasarkan pada hasil penelitian isolasi karakterisasi dan identifikasi bakteri termofilik dari sumber air panas Hatuasa Maluku untuk meningkatkan hasil belajar kognitif keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap adalah menganalisis merancang mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. Keefektifan modul diuji melalui implementasi yang dilakukan pada mahasiswa Program Studi pendidikan Biologi Institut Agama Islam Negeri Ambon. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi angket keterbacaan dan instrumen hasil belajar kognitif rubrik keterampilan berpikir kritis dan instrumen penilaian keterampilan proses sains. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial (statistik ANAKOVA) dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 23.0 for Windows. Hasil validasi dari ahli materi modul mikrobiologi berbasis guided inquiry berdasarkan hasil penelitian sebesar 98% dengan kategori sangat valid yang memiliki arti dari segi isi materi penyajian bahasa modul layak digunakan untuk diimplementasikan di lapangan. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 94 59% dengan kategori sangat valid yang memiliki arti tata letak kegrafisan perpaduan warna bahasa penyajian modul dan ketepatan pada modul layak digunakan untuk penerapan di lapangan. Hasil validasi oleh praktisi lapangan diperoleh sebesar 93 63% dengan kategori sangat valid dan hasil uji keterbacaan oleh mahasiswa responden sebesar 90 % dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data hasil belajar kognitif menunjukkan kelas eksperimen 54 17 dan kelas kontrol 52. Hasil analisis data keterampilan berpikir kritis menunjukkan kelas eksperimen 54 17 dan kelas kontrol 37 33. Hasil analisis data keterampilan proses sains menunjukkan kelas eksperimen 72 57 dan kelas kontrol 52 60. Hasil uji efektivitas dengan analisis anakova dapat disimpulkan bahwa nilai probabilitas 0.000 atau kurang dari 0 005 artinya terdapat perbedaan antara tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul Mikrobiologi berbasis Guided Inquiry dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memenuhi krieria pengembangan bahan ajar yang valid praktis dan efektif. Selain itu modul Mikrobiologi berbasis inquiry ini dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang efektif meningkatkan hasil belajar kognitif keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada mata kuliah mikrobiologi dasar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271896

Actions (login required)

View Item View Item