Pengembangan model pembelajaran mesiu (mind mapping, exploring, sharing, implementing, concluding) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa calon guru ipa pada mata kuliah ekologi / Dyah Astriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran mesiu (mind mapping, exploring, sharing, implementing, concluding) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa calon guru ipa pada mata kuliah ekologi / Dyah Astriani

Astriani, Dyah (2021) Pengembangan model pembelajaran mesiu (mind mapping, exploring, sharing, implementing, concluding) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa calon guru ipa pada mata kuliah ekologi / Dyah Astriani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astriani Dyah. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran MESIU (Mind mapping Exploring Sharing Implementing conclUding) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Ekologi. Disertasi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (2) Prof. Dr. Hadi Suwono M.Si. (3) Dr. Betty Lukiati M.S. Kata Kunci hasil belajar kognitif keterampilan pemecahan masalah MESIU. Keterampilan abad ke-21 yang relevan dengan empat pilar kehidupan perlu dimiliki oleh mahasiswa agar dapat menjadi pribadi yang berhasil dalam kehidupan. Pencapaian keterampilan abad ke-21 tersebut dapat dilakukan dengan melatihkan melalui pembelajaran. Mahasiswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran (student centered) menggunakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih keterampilan memecahkan masalah dan mencapai hasil belajar kognitif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran MESIU yang valid praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa. MESIU merupakan akronim dari Mind mapping Exploring Sharing Implementing conclUding yang merupakan sintaks pembelajaran. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan model pembelajaran MESIU yang diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap (1) Pendefinisian (Define) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Develop) dan (4) Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi (1) lembar validasi model pembelajaran perangkat pembelajaran (RPS SAP LKM) dan instrumen penelitian (2) lembar observasi kegiatan belajar (3) soal keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif (4) angket respons mahasiswa. Validasi buku model dilakukan oleh dua orang pakar pendidikan biologi. Validasi perangkat pembelajaran dan dilakukan oleh pakar pendidikan dan pakar ekologi. Kepraktisan dan keefektifan diperoleh melalui ujicoba sebanyak dua kali. Kepraktisan diperoleh dari hasil pengamatan observer dan angket respons mahasiswa. Keefektifan diperoleh dari nilai Ngain dan hasil analisis statistik tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran. Ujicoba I menggunakan satu kelas dengan model pembelajaran MESIU membelajarkan tiga topik mata kuliah Ekologi pada Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang dengan 33 mahasiswa pada bulan Maret 2018. Ujicoba II dilakukan pada tiga kelas di Program Studi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya dengan 78 mahasiswa pada bulan Agustus-Nopember 2018 membelajarkan sepuluh topik Ekologi dengan menggunakan model pembelajaran MESIU yang dibandingkan dengan model PBL dan konvensional. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan secara statistik menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran MESIU merupakan model pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Kevalidan diperoleh berdasarkan hasil penilaian pakar dengan kategori valid dan sangat valid. Kepraktisan model pembelajaran MESIU ditunjukkan oleh hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan skor antara 3 5-4 dan angket yang menunjukkan mahasiswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran dan suasana belajar dengan MESIU. Keefektifan didasarkan pada nilai Ngain dan hasil uji statistik untuk ujicoba II. Ujicoba I menunjukkan Ngain keterampilan masalah kriteria sedang (0.43) dan hasil belajar kognitif kriteria rendah (0.17). Pada ujicoba II penelitian dilakukan dengan menggunakan tiga kelas menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran MESIU terhadap keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa calon guru IPA. Hasil ini berdasarkan hasil uji statistik nilai signifikansi keterampilan pemecahan masalah p (0.013) lebih kecil dari alpha (0.05) dan hasil belajar kognitif p (0.000) lt alpha (0.05). Rerata terkoreksi keterampilan pemecahan masalah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran MESIU sebesar 86.3 berbeda nyata dengan model PBL 76.9 dan model konvensional 76.6. Rerata terkoreksi hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan MESIU sebesar 86.8 berbeda nyata dengan rerata terkoreksi konvensional 84.3 berbeda nyata dengan PBL yaitu sebesar 80.1. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran MESIU yang dikembangkan dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif mahasiswa calon guru IPA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271893

Actions (login required)

View Item View Item