Pengembangan model pembelajaran exploring, analyzing, questioning, defining dan peer coaching (eaqd-pc) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan metakognitif mahasiswa / Nurmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran exploring, analyzing, questioning, defining dan peer coaching (eaqd-pc) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan metakognitif mahasiswa / Nurmi

Nurmi (2022) Pengembangan model pembelajaran exploring, analyzing, questioning, defining dan peer coaching (eaqd-pc) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan metakognitif mahasiswa / Nurmi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia belum mempersiapkan luarannya dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai bekal dalam menghadapi ketatnya kompetisi di abad pengetahuan. Pembelajaran yang mereka lakukan masih berorientasi hasil belajar. Mahasiswa masih dibebani tugas hafalan dan presentasi kelompok untuk nilai dan lulus ujian mata kuliah dengan nilai baik. Mahasiswa seharusnya dibekali kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai alat survive. Pembekalan kemampuan berpikir tingkat tinggi tersebut dapat dilakukan melalui model pembelajaran terintegrasi pelatihan keterampilan metakognitif. EAQD-PC merupakan salah satu model pembelajaran konstruktivistik berbasis pengembangan diri. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran terintegrasi strategi metakognitif yang valid praktis dan efektif serta menganalisis perbedaan model pembelajaran EAQD-PC PBL dan konvensional dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis kreatif dan metakognitif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp yang teridiri dari tiga tahapan utama yaitu preliminary research (penelitian pendahuluan) prototyping phase (tahap pengembangn) dan assessment phase (tahap penilaian). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan melalui observasi pelaksanaan pembelajaran Fisiologi Tumbuhan. Urgensi pengembangan model pembelajaran terintegrasi strategi metakognitif. Pada tahap Prototyping phase dilakukan penyusunan dan pengembangan prototipe produk dan revisi produk setelah mendapatkan masukan dan saran dari validator. Tahap terakhir Assessment phase dilakukan uji coba dan implementasi untuk menilai kepraktisan dan keefektifan dari model dan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan metakognitif mahasiswa. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes essay yang terintegrasi keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif dan metakognitif diperoleh melalui inventori. Analisis data keterampilan berpikir kritis kreatif dan metakognitif pengembangan model pembelajaran EAQD-PC terintegrasi Fisiologi Tumbuhan sebagai media untuk melatih keterampilan tingkat tinggi mahasiswa menggunakan analisis deskriptif dan ancova pada taraf signifikansi 5% (p lt 0 05). Hasil penelitian menunjukkan hal berikut (1) pengembangan model pembelajaran EAQD-PC beserta perangkat pendukungnya dan perangkat evaluasi menunjukkan hasil yang layak digunakan. Pengembangan model pembelajaran EAQD-PC dengan sintaks yang terdiri dari 5 tahapan Exploring Analyzing Questioning Defining dan Peer Coaching. (2) Model pembelajaran EAQD-PC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemikiran kritis kreatif dan metakognitif mahasiswa. Kelas EAQD-PC memiliki rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis yang paling unggul yaitu 87 28 diikuti kelas PBL yaitu 64.97 dan kelas konvensional memiliki rerata pemikiran kritis terkoreksi yaitu 56.68. (3) Model pembelajaran EAQD-PC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif. Kelas EAQD-PC memiliki rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif yang paling unggul yaitu 87.02 diikuti kelas PBL yaitu 80.08 dan kelas konvensional memiliki rerata keterampilan berpikir kreatif terkoreksi yaitu 79.86. (4) Model pembelajaran EAQD-PC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan metakognitif. Kelas EAQD-PC memiliki rerata terkoreksi keterampilan metakognitif yang paling unggul yaitu 88 46 diikuti kelas PBL yaitu 76 24 dan kelas konvensional memiliki rerata keterampilan metakognitif terkoreksi yaitu 43 35. (5) Model pembelajaran EAQD-PC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep. Kelas EAQD-PC memiliki rerata terkoreksi pemahaman konsep yang paling unggul yaitu 87 02 diikuti kelas PBL yaitu 80 08 dan kelas konvensional memiliki rerata pemahaman konsep terkoreksi yang paling rendah yaitu 47 05. (6) Hasil N-Gain Ternormalisasi menunjukkan bahwa model pembelajaran EAQD-PC merupakan model pembelajaran yang lebih efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis kreatif dan metakognitif serta penguasaan konsep mahasiswa dibandingkan dengan PBL dan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EAQD-PC lebih mampu memberdayakan pemikiran kritis kreatif dan metakognitif serta pemahaman konsep mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bone dibandingkan model pembelajaran PBL dan pembelajaran konvensional. Disarankan agar dosen dapat menerapkan model pembelajaran EAQD-PC dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis kreatif dan metakognitif serta pemahaman konsep mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271891

Actions (login required)

View Item View Item