Pengembangan pembelajaran biologi model brain based whole learning (bbwl) pengaruhnya terhadap literasi sains, penguasaan konsep, dan retensi / Neni Murniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran biologi model brain based whole learning (bbwl) pengaruhnya terhadap literasi sains, penguasaan konsep, dan retensi / Neni Murniati

Murniati, Neni (2022) Pengembangan pembelajaran biologi model brain based whole learning (bbwl) pengaruhnya terhadap literasi sains, penguasaan konsep, dan retensi / Neni Murniati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains penguasaan konsep dan retensi adalah kemampuan yang penting untuk ditingkatkan siswa. Namun faktanya yang terjadi di lapangan literasi sains penguasaan konsep dan retensi siswa masih rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan siswa di sekolah belum memacu siswa untuk literat menguasai konsep pelajaran dengan baik dan mempunyai daya ingat yang tajam padahal hal itu sangat diperlukan siswa untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yakni memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sikap sosial untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Brain Based Whole Learning (BBWL) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains penguasaan konsep dan retensi siswa. Prosedur pengembangan model BBWL terdiri dari preliminary research phase prototyping phase dan assessment phase oleh Plomp dan Nieveen (2013). Adapun komponen dari model BBWL terdiri dari sintaks sistem sosial sistem reaksi sistem pendukung dan dampak instruksional. Subjek uji coba model Bawel adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Bengkulu kelas XI peminatan IPA pada mata pelajaran biologi. Kevalidan model BBWL diperoleh melalui instrumen berupa lembar validasi model. Kepraktisan model BBWL diperoleh melalui instrumen keterlaksanaan komponen dan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran. Keefektifan model BBWL diperoleh melalui tes kemampuan literasi sains penguasaan konsep dan retensi siswa serta angket respon guru dan siswa terhadap implementasi model Bawel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran BBWL (1) valid berdasarkan hasil validasi ahli dengan skor komponen dan sintaks model 4 73 (94 75%) silabus 4 94 (98 62%) RPP 4 87 (97 35%) LKS 4 88 (97 66%) dan instrumen 4 90 (98 12%) (2) praktis berdasarkan hasil keterlaksanaan komponen model dengan skor 4 47 dengan kriteria baik dan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran dengan skor 4 23 dengan kriteria baik serta (3) efektif berdasarkan hasil uji kemampuan literasi sains (81 33) penguasaan konsep (81 89) dan retensi siswa (71 89) serta respon guru dan siswa yang baik. Hasil uji keefektifan model BBWL terhadap literasi sains penguasaan konsep dan retensi berpengaruh positif dengan P lt 0 05. Respons guru terhadap keterlaksanaan model BBWL dengan skor 98 5 % dan respons siswa terhadap model bawel mendapat skor (1) perhatian 4 38 (2) keterkaitan 4 33 (3) keyakinan 4 45 dan (4) kepuasan 4 43. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model BBWL valid praktis dan efektif meningkatkan literasi sains penguasaan konsep dan retensi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271890

Actions (login required)

View Item View Item