Pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak

Adinda, Anita (2022) Pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metakognitif merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Metakognitif memungkinkan peserta didik untuk mengelola keterampilan kognitif mereka. Metakognitif mengacu pada kemampuan peserta didik untuk mengetahui dan mengatur proses kognitif mereka sendiri. Metakognitif melibatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang bagaimana mereka belajar mengevaluasi kebutuhan belajar mereka menghasilkan strategi untuk memenuhi kebutuhan dan kemudian menerapkan strategi. Kesadaran metakognitif penting dalam proses pemecahan masalah. Kesadaran metakognitif mempengaruhi penalaran peserta didik dalam pemecahan masalah. Sehingga ia akan lebih berhati-hati dalam pemecahan masalah. Kesadaran metakognitif berhubungan dengan kesadaran seseorang. Proses kesadaran metakognitif berlangsung dalam proses belajar dan pemecahan masalah terhadap pemahaman mereka sendiri. Situasi dan asumsi terhadap masalah dan pertimbangan siswa menghubungkan pengetahuan mereka sendiri dengan apa yang diperlukan dalam situasi masalah. Penelitian ini berfokus pada level kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika ketika menyelesaikan masalah nilai mutlak. Banyak mahasiswa calon guru matematika yang mengalami kesulitan mengalami salah konsep kesalahan dalam pengoperasian masalah nilai mutlak dan proses penyelesaian masalah yang melibatkan banyak langkah. Kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah nilai mutlak memungkinkan adanya perbedaan kesadaran metakognitif peserta didik dalam memecahkan masalah nilai mutlak. Perbedaan kesadaran mahasiswa dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak dapat dikelompokkan ke dalam level kesadaran metakognitif. Mahasiswa semester V program studi Pendidikan Matematika dilibatkan dalam penelitian ini pada bulan Agustus 2019. Masalah diberikan kepada 24 mahasiswa calon guru matematika untuk melihat level kesadaran metakognitifnya dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak. Pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa digunakan berdasarkan pelevelan yang dikembangkan Swartz amp Perkins. Dari 24 mahasiswa lima mahasiswa yang berada pada level 1 tacit use empat mahasiswa pada level 2 aware use empat mahasiswa yang pada level 3 strategic use dan tiga mahasiswa pada level 4 reflective use. Ada delapan mahasiswa yang tidak dapat diklasifikasikan dalam level Swartz amp Perkins. Oleh karena itu perlu adanya penambahan level baru dalam penentuan karakteristik kesadaran metakognitif dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyisipan level kesadaran metakognitif dan karakteristik masing-masing level kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak. Calon subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI program studi Pendidikan Matematika yang ada di kota Malang. Instrumen penelitian ini berupa tugas masalah nilai mutlak yang diselesaikan mahasiswa secara think aloud pedoman wawancara dan perekam audio. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli bidang pendidikan matematika dan matematika. Data penelitian dikumpulkan dari tugas masalah nilai mutlak transkrip think aloud dan wawancara semi terstruktur. Prosedur penelitian diawali dengan (1) merumuskan teori awal (draf level kesadaran metakognitif) berdasar kajian teori (2) melakukan validasi draf level kesadaran metakognitif pada ahli terhadap validitas isi dan konstruksi teori yang dikembangkan (3) melakukan pra-penelitian untuk membuktikan keberadaan level kesadaran metakognitif (4) merevisi draf level kesadaran metakognitif berdasarkan hasil pra-penelitian pengamatan dan pendapat para ahli (5) melakukan pengambilan data untuk menguji validitas empiris (6) melakukan analisis data tertulis rekaman dan hasil wawancara mahasiswa dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak (7) merumuskan teori pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak. Penelitian ini menghasilkan pelevelan kesadaran metakognitif mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak yang valid dan reliabel. Pada level 1 tacit use subjek hanya memikirkan apa yang ditanyakan dalam soal. Level 2 identify use subjek memikirkan apa yang ditanyakan dan juga sudah memikirkan informasi yang ada dalam soal. Level 3 semiaware use subjek sudah sampai pada tahap memikirkan bagaimana menghubungkan informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah nilai mutlak. Level 4 aware use karakteristik subjek sudah sampai pada tahap memikirkan kembali tahap atau langkah dalam menyelesaikan masalah. Sehingga siswa sudah mempunyai strategi untuk menyelesaikan masalah. Level 5 strategic use subjek sudah memikirkan berbagai strategi dan mempunyai strategi khusus untuk menyelesaikan masalah nilai mutlak. Level 6 reflective use subjek pada level ini sudah memiliki karakteristik kesadaran tertinggi memikirkan apa yang ditanyakan memikirkan kembali informasi yang diberikan dalam masalah memikirkan kembali bagaimana menghubungkan informasi dan sampai pada tahap memikirkan kembali uraian jawaban masalah yang telah diselesaikannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 07:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271883

Actions (login required)

View Item View Item