Proses translasi representasi verbal ke simbolik siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita / Nasrun - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses translasi representasi verbal ke simbolik siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita / Nasrun

Nasrun (2022) Proses translasi representasi verbal ke simbolik siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita / Nasrun. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian tentang translasi representasi saat ini cenderung terfokus pada jenis-jenis kesalahan yang dihasilkan siswa dan tipe-tipe translasi representasi untuk konsep tertentu sedangkan untuk penyelidikan tentang proses translasi representasi verbal ke simbolik dalam menyelesaikan soal cerita belum ditemukan peneliti. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses translasi reprsentasi verbal ke simbolik ketika siswa menyelesaikan soal cerita. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dengan menggunakan instrumen think aloud hasil kerja siswa dan wawancara. Sebanyak lima siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Selanjutnya analisis data menggunakan transkrip data menelaah seluruh data mereduksi data hingga menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh dua proses translasi yakni pertama Siswa dikatakan melakukan proses transalasi melalui satu representasi yakni (1) pada tahap unpacking the source pikiran siswa terfokus pada satu representasi untuk memperoleh ide awal dari permasalahan (2) pada tahap preliminary coordination siswa melibatkan pemikiran aljabar untuk mentranslasikan permasalahan ke bentuk simbol (3) pada tahap constructing the target siswa mentransfer hasil pengalaman sebelumnya dengan mencocokkan antara strategi yang digunakan pada masalah sebelumnya dengan masalah yang dihadapi dan (4) pada tahap determining equivalence siswa melakukan pengecekan secara verbal untuk memastikan kebenaran jawaban yang dihasilkan. Kedua Siswa dikatakan melakukan proses transalasi melalui dua representasi yakni (1) pada tahap unpacking the source siswa mengubah informasi masalah ke dalam kalimat yang mudah dipahami siswa (2) pada tahap preliminary coordination siswa mengoordinasikan representasi ke bentuk yang berbeda untuk beralih dari satu representasi ke representasi laiinnya (3) pada tahap constructing the target siswa melibatkan koordinasi antar representasi dalam menyelesaikan masalah dan (4) pada tahap determining equivalence siswa siswa memeriksa alur penyelesaian secara verbal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271878

Actions (login required)

View Item View Item