Proses berpikir sistemik mahasiswa s1 pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif / Kriswandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir sistemik mahasiswa s1 pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif / Kriswandani

Kriswandani (2022) Proses berpikir sistemik mahasiswa s1 pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif / Kriswandani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir sistemik merupakan gabungan antara berpikir analisis dan berpikir sintesis. Mahasiswa akan menggunakan kemampuan berpikir sistemik saat menyelesaikan masalah matematika yang membutuhkan penalaran yang lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir sistemik Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. Tahapan berpikir sistemik dalam penelitian ini merupakan penghalusan tahapan berpikir sistemik menurut Bartlett. Urgensi dari penelitian ini adalah dengan mengkaji proses berpikir sistemik mahasiswa maka dapat diketahui kesulitan dan hambatan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di 2 universitas swasta yakni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Subjek penelitian ini adalah 10 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Angkatan 2019 yang terdiri dari 5 mahasiswa UKSW dan 5 mahasiswa UMS. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan 2 cara yakni secara luring dan daring. Instrumen penelitian ini meliputi 2 jenis yakni peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yang terdiri dari masalah matematika dan wawancara semi terstruktur. Masalah matematika yang diberikan berupa soal cerita tentang penjadwalan sewing di pabrik garmen. Berdasarkan hasil jawaban dan hasil wawancara peneliti mengolah dan mempersiapkan data membaca keseluruhan data mengkoding mendeskripsikan data menyajikan data memaknai data melakukan triangulasi data dan menarik kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis data. Penghalusan tahapan berpikir sistemik Bartlett dalam penelitian ini didasarkan pada beberapa hasil penelitian dan pendapat para pakar. Adapun tahapan berpikir sistemik dalam penelitian ini meliputi 5 tahapan yakni 1) tahap identifying 2) tahap investigation amp classifying 3) tahap clarifying 4) tahap evaluating amp justifying dan 5) tahap reflecting. Pada tahap identifying mahasiswa mengidentifikasi mencatat dan memahami semua informasi proses variabel kondisi awal dan kondisi akhir pada masalah matematika dengan menuliskan informasi secara lengkap atau sebagian menuliskan informasi kunci membuat pemetaan informasi atau tidak menuliskan informasi tetapi menuliskan pertanyaan yang ada pada masalah matematika. Pada tahap investigation amp classifying mahasiswa melakukan pengelompokkan menganalisis dan menindaklanjuti informasi yang diperoleh menganalisis hubungan sebab-akibat yang ada dalam proses dan variabel menganalisis kinerja dari seluruh bagian dalam sistem mengaitkan informasi yang diperoleh dari masalah matematika dengan konsep yang telah dipelajari serta memperoleh dan memahami gambaran sistem sebelum menentukan strategi penyelesaian dari masalah matematika. Pada tahap clarifying mahasiswa menyajikan dan menjelaskan hubungan sebab-akibat dalam proses dan variabel serta merencanakan berbagai kemungkinan penyelesaian masalah matematika. Pada tahap evaluating amp justifying mahasiswa membuat alternatif penyelesaian masalah matematika memprediksikan dampak yang ditimbulkan dari setiap alternatif penyelesaian mengevaluasi tiap alternatif penyelesaian serta memutuskan alternatif penyelesaian masalah matematika yang dinilai tepat. Dalam hal ini terdapat mahasiswa yang melakukan pendugaan penyelesaian masalah matematika terlebih dahulu berdasarkan pemahaman atau intuisinya. Pada tahap reflecting mahasiswa memeriksa kembali dan/atau merevisi alternatif penyelesaian masalah matematika yang telah dipilih serta menganalisis dan merefleksikan pertimbangan-pertimbangan dalam pemilihan atau perbaikan alternatif penyelesaian masalah matematika.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271877

Actions (login required)

View Item View Item