Karakteristik model kreatif mahasiswa dalam membuat tugas matematika / Puji Subekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik model kreatif mahasiswa dalam membuat tugas matematika / Puji Subekti

Subekti, Puji (2022) Karakteristik model kreatif mahasiswa dalam membuat tugas matematika / Puji Subekti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya kreativitas tertera dalam Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 sebagai salah satu faktor pendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu kegiatan pembelajaran yang memerlukan kreativitas adalah metode pemberian tugas. Hal ini disebabkan siswa perlu mendapatkan bentuk penugasan yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan keilmuanya. Mahasiswa yang ingin menjadi guru perlu memiliki kreativitas dalam membuat penugasan agar memudahkan dalam mengajar. Sehingga penelitian ini bertujuan mengeksplorasi model kreatif mahasiswa dalam membuat tugas matematika. Penelitian yang telah dilakukan ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Penelitian ini dikembangkan dari model kreatif oleh Subanji dkk.(2021) dengan mengarakteristik berdasarkan sifat-sifat matematis dan strategi yang digunakan dalam konteks membuat tugas. Peneliti memberikan instrumen MTM terhadap 123 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang terdiri dari 52 mahasiswa dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang 43 mahasiswa dari Perguruan IKIP Budi Utomo Malang 16 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan 12 mahasiswa dari Universitas Wisnuwardhana Malang. Setelah itu dilakukan analisis jawaban terdapat 38 mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menjadi calon subjek penelitian ini. Dari 38 calon subjek kemudian dipilih masing-masing 2 mahasiswa yang teridentifikasi pada model kreatif imitasi modifikasi dan konstruksi dengan analisis perbandingan tetap. Selain itu terus dilakukan eksplorasi dan analisis subjek sampai ditemukan perilaku yang berbeda dari ketiga model kreatif. Pada saat proses eksplorasi selain model kreatif imitasi modifikasi dan konstruksi ditemukan tambahan satu model kreatif berdasarkan pada perilaku yang ditunjukkan subjek. Tambahan satu model kreatif terletak di antara level modifikasi dan konstruksi yang disebut kombinasi. Dengan demikian model kreatif mahasiswa dalam membuat tugas dapat diklasifikasi menjadi empat yaitu imitasi modifikasi kombinasi dan konstruksi. Imitasi mempunyai karakteristik diantaranya yaitu mahasiswa meniru dan tidak melakukan perubahan apapun terhadap tugas. Modifikasi mempunyai karaketristik diantaranya yaitu mengubah bilangan susunan kalimat gambar simbol tabel soal cerita ataupun sudut pandang soal dalam tugas. Kombinasi mempunyai karakteristik diantaranya yaitu menggabungkan dua ide atau konteks soal yang sudah dibuat sebelumnya menjadi soal baru. Konstruksi mempunyai karakteristik diantaranya yaitu membuat soal dengan pola yang berbeda menyajikan dalam bentuk pertanyaan open ended ataupun mengonstruksi dalam bentuk poin poin yang saling berkaitan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271875

Actions (login required)

View Item View Item