Onto-semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorik / Kamariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Onto-semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorik / Kamariah

Kamariah (2022) Onto-semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorik / Kamariah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu aktivitas penting dalam pembelajaran matematika. Namun siswa pada umumnya terbiasa memberikan jawaban singkat dalam memecahkan masalah yang seringkali berimbas pada kurangnya penggunaan objek matematika dalam struktur jawaban. Kurangnya penggunaan objek matematika tersebut dapat menyebabkan siswa menghasilkan solusi yang tidak lengkap bahkan salah. Selain itu siswa terlalu cepat meyakini kelengkapan dan kebenaran jawaban tanpa melakukan aktivitas memeriksa kesesuaian hasil akhir dengan situasi masalah yang juga berdampak pada solusi yang keliru. Fakta tersebut mendasari perlunya penelitian untuk mendapatkan informasi tentang variasi penggunaan objek matematika oleh siswa dalam menyelesaikan masalah untuk dapat menghasilkan solusi benar. Selain itu untuk menghindari kesalahan atau ketidaklengkapan solusi suatu masalah diperlukan adanya kajian lebih spesifik tentang aktivitas siswa pada fase memeriksa kembali. Objek matematika dalam penelitian ini dikaji dengan menggunakan salah satu lensa atau perspektif teoritis yaitu pendekatan onto-semiotik. Pendekatan onto-semiotik merupakan sebuah perspektif yang digunakan untuk memperluas kajian terhadap proses pemecahan masalah yang tidak hanya berfokus pada pemahaman konseptual dan prosedural tapi juga memperhatikan unsur bahasa situasi masalah dan argumen yang digunakan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan onto-semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah kombinatorik. Onto-semiotik yang dikaji secara spesifik fokus pada variasi penggunaan objek matematika dalam setiap fase pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa Kelas XII Jurusan IPA Sekolah Menengah Atas Tahun Pelajaran 2020/2021 yang telah mendapatkan materi kaidah pencacahan pada mata pelajaran matematika wajib. Tiga siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini melakukan pemecahan masalah yang berbeda namun semua dengan hasil akhir benar. Subjek pertama dan subjek kedua menggunakan pengorganiasisan data dengan menerapkan konsep permutasi sedangkan subjek ketiga menggunakan representasi visual (membuat gambar) dengan menerapkan konsep aturan nilai tempat atau aturan perkalian. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa mengintegrasikan teori pemecahan masalah dengan perspektif onto-semiotik dapat memberikan dasar untuk penggunaan objek matematika pada setiap fase pemecahan masalah. Variasi formasi penggunaan objek matematika dalam proses pemecahan masalah sebagai hasil integrasi dengan pendekatan onto-semiotik yaitu (1) pada fase memahami masalah siswa menggunakan objek bahasa tulis (kata simbol tanda dan gambar) atau bahasa lisan dalam menyajikan situasi masalah atau informasi soal (2) pada fase merencanakan penyelesaian siswa menyatakan konsep yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dan memberikan argumen terhadap konsep yang dipilih (3) pada fase melaksanakan penyelesaian siswa menyatakan proposisi atau menuliskan formula umum dan melakukan prosedur yang melibatkan objek bahasa situasi dan konsep dan (4) pada fase memeriksa kembali siswa memeriksa prosedur menggunakan objek bahasa prosedur lain dan argumen dan mengecek kesesuaian hasil akhir dengan situasi masalah menggunakan objek bahasa situasi prosedur dan argumen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271874

Actions (login required)

View Item View Item