Tuturan responsif terhadap esai dahlan iskan dalam media sosial / Muhammad Hambali - Repositori Universitas Negeri Malang

Tuturan responsif terhadap esai dahlan iskan dalam media sosial / Muhammad Hambali

Hambali, Muhammad (2022) Tuturan responsif terhadap esai dahlan iskan dalam media sosial / Muhammad Hambali. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuturan responsif pembaca terhadap sebuah teks adalah barometer keberhasilan teks tersebut dalam menyampaikan sebuah makna. Hal ini didasarkan alasan bahwa semakin banyak respons aktif dari pembaca semakin bagus juga teks karena teks telah membuka peluang bagi pembaca untuk memaknai dan mereproduksi teks dalam bentuk yang lain. Esai-esai Dahlan Iskan (DI) yang dipublikasikan di Facebook adalah contoh teks yang banyak mendapat respons dari pembaca. Respons tersebut diwujudkan dalam tuturan responsif secara tertulis. Tuturan responsif mencerminkan penerimaan pembaca terhadap esai DI. Tuturan responsif disampaikan di media sosial sehingga respons bersifat terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Terdapat tiga fokus penelitian ini yaitu mengeksplanasikan (a) mengeksplanasikan model tuturan responsif pembaca (b) strategi tuturan responsif pembaca dan (c) penilaian kritis tuturan responsif pembaca terhadap esai-esai DI dalam media sosial. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian resepsi. Data penelitian ini berupa kalimat dan gugus kalimat yang mencerminkan model pembaca strategi dan nilai kritis dalam meresepsi esai-esai Dahlan Iskan di media sosial. Data diperoleh dari tanggapan pembaca terhadap lima esai Dahlan Iskan yang dipublikasikan di Facebook. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat Nvivo 12 Plus. Berdasarkan analisis data terdapat tiga temuan penelitian ini. Pertama berkaitan dengan model tuturan responsif pembaca terhadap esai DI dalam media sosial terdapat lima model tuturan responsif pembaca terhadap esai DI dalam media sosial. Lima model tuturan responsif pembaca tersebut meliputi (a) pembaca transaksional yang meliputi pembaca transaksional ideasional dan pembaca transaksional-personal (b) pembaca eksploratif-alternatif (c) pembaca skeptis-apatis dan (d) pembaca yang rekreasional. Selain empat jenis model pembaca tersebut terdapat pula pembaca ideologis-politis. Model-model tuturan responsif pembaca ditentukan oleh sikap pembaca terhadap isi esai DI sikap pembaca terhadap tokoh yang ditulis DI atau sikap pembaca terhadap sosok diri DI tujuan membaca esai DI tujuan membaca esai atau sikap dan ideologi politik pembaca. Kedua berkaitan dengan strategi tuturan responsif pembaca terhadap esai DI dalam media sosial terdapat tujuh strategi yang digunakan pembaca yaitu (1) strategi menyertakan (2) strategi merinci (3) strategi memahami (4) strategi menerangkan (5) strategi menghubungkan (6) strategi menafsirkan dan (7) strategi menilai. Temuan baru penelitian ini berkaitan dengan strategi adalah digunakannya emotikon sebagai bentuk strategi menyertakan dan digunakannya tautan (hyperlink) sebagai bentuk strategi menghubungkan. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan pembaca didasarkan atas kesan dan pengalaman pribadi pembaca terhadap esai DI. Ketiga berkaitan dengan penilaian kritis pembaca terhadap esai DI di media sosial terdapat tiga penilaian kritis yang ditemukan yaitu (1) penilaian kritis-analitis (2) penilaian kritis-interpretatif dan (3) penilaian kiritis-evaluatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penilaian kritis pembaca dipengaruhi oleh fakta pengalaman pengetahuan dan informasi yang dimiliki pembaca serta waktu pembaca dalam menilai esai. Selain itu pemilihan gaya penceritaan esai juga berpengaruh terhadap penilaian kritis pembaca.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271843

Actions (login required)

View Item View Item