Tuturan motivasional guru dalam wacana kelas / Imro'atus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tuturan motivasional guru dalam wacana kelas / Imro'atus Sholihah

Sholihah, Imro'atus (2022) Tuturan motivasional guru dalam wacana kelas / Imro'atus Sholihah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi dan interaksi berbahasa selalu menggunakan komponen penting dalam pertuturan yaitu penutur dan mitra tutur informasi atau pesan yang disampaikan dan bahasa sebagai alat komunikasi. Salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji adalah tuturan guru pada saat memberikan motivasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Peran guru sangat membantu perkembangan peserta didik dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara maksimal. Pada saat kegiatan pembelajaran guru tidak hanya memberi tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi pelajaran saja tetapi juga harus memberi motivasi supaya lebih bersemangat dalam belajar dan dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan etnografi komunikasi. Wujud data berupa verbal tuturan yang ditranskrip menjadi teks tertulis berbentuk frasa-frasa dan kalimat-kalimat tuturan motivasional guru. Sumber data penelitian ini berupa wacana kelas yang dituturkan oleh guru-guru MTsN 4 Jombang yang merupakan salah satu madrasah di lingkungan pondok pesantren Mamba rsquo ul Ma rsquo arif Denanyar Jombang Jawa Timur di bawah naungan Kementerian Agama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik perekaman observasi dan wawancara. Data dianalisis dari segi ragam makna dan strukturnya. Analisis data dilakukan dengan mereduksi menyajikan dan menyimpulkan. Keabsahan temuan data dicek dengan cara mengamati dengan tekun dan teliti yang diawali dengan membaca berbagai macam rujukan yang terkait dengan temuan dilanjutkan mengamati secara mendalam terhadap data yang telah ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian secara garis besar diperoleh tiga temuan penelitian. Ketiga temuan penelitian tersebut dipaparkan berikut ini. Pertama ada lima temuan ragam tuturan motivasional guru dalam wacana kelas. Lima temuan ragam tuturan motivasional tersebut adalah (1) regulasi intrinsik dinyatakan dengan adanya ragam tuturan yang dibentuk dari dorongan kebutuhan dan saran yang memaksa (2) regulasi ekstrinsik dinyatakan dengan ditemukannya ragam tuturan yang didasarkan pada nilai-nilai komunal nilai-nilai universal dan nilai-nilai identitas (3) alasan inspiratif tuturan sebagai pembentuk ragam tuturan terdiri dari saran yang menjadi syarat saran antiklimaks saran interpretatif saran penegas saran berkelanjutan saran yang memiliki tujuan saran yang berakhir harapan saran yang merujuk saran pengandaian saran tanpa syarat dan saran ketetapan (4) hasil interaksi di masa lalu dinyatakan dengan adanya bukti kesuksesan dan bukti kegagalan dalam mendidik dan (5) saran masa depan dinyatakan dengan adanya ragam tuturan yang dibuat dengan skenario terbaik skenario terburuk skenario yang harus diikuti tuturan harapan dan tuturan berupa penegas. Kedua terdapat lima temuan makna tuturan motivasional guru dalam wacana kelas. Lima temuan makna tuturan motivasional tersebut adalah (1) makna berdasarkan regulasi intrinsik yang dinyatakan dengan adanya makna tuturan yang dibentuk dari dorongan kebutuhan dan saran yang memaksa (2) makna berdasarkan regulasi ekstrinsik dinyatakan dengan ditemukannya makna tuturan yang didasarkan pada nilai-nilai komunal nilai-nilai universal dan nilai-nilai identitas (3) makna tuturan motivasi berdasarkan alasan inspiratif diperoleh dari tuturan yang berupa saran yang menjadi syarat saran antiklimaks saran interpretatif saran penegas saran berkelanjutan saran yang memiliki tujuan saran yang berakhir harapan saran yang merujuk saran pengandaian saran tanpa syarat dan saran ketetapan (4) makna tuturan motivasi guru berdasarkan hasil interaksi di masa lalu dapat diperoleh dari tuturan yang menyatakan adanya bukti kesuksesan dan bukti kegagalan dalam mendidik dan (5) makna tuturan motivasi guru berdasarkan saran masa depan dapat diperoleh dari pernyataan yang menyatakan adanya makna tuturan yang dibuat dengan skenario terbaik skenario terburuk skenario yang harus diikuti tuturan harapan dan tuturan berupa penegas. Ketiga ada tiga temuan struktur tuturan motivasional guru dalam wacana kelas. Tiga temuan struktur tuturan motivasional tersebut adalah struktur gagasan struktur situasional dan struktur gramatikal. Struktur gagasan meliputi struktur informatif struktur elisitasi (pemancingan) dan struktur direktif. Struktur situasional tuturan motivasi guru dalam wacana kelas meliputi tiga kategori yaitu struktur pernyataan struktur pertanyaan dan struktur perintah. Struktur gramatikal tuturan motivasional guru dalam wacana kelas meliputi tiga kategori yaitu struktur deklaratif struktur interogatif dan struktur imperatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut terdapat tiga saran untuk para guru sebagai berikut. Pertama untuk menghindari proporsi komponen memberikan motivasi yang tidak berimbang guru sebaiknya memberikan tuturan motivasi yang bervariasi sesuai dengan kondisi peserta didik. Kedua berdasarkan temuan tentang makna tuturan motivasi pola berpikir peserta didik yang beragam menunjukkan bahwa peserta didik memiliki keunikan dan kekhasan dalam memahami tuturan guru. Untuk itu motivasi guru sangatlah penting bagi peserta didik agar mereka bisa mengambil dan menghayati makna atau maksud dari tuturan guru tersebut. Ketiga guru perlu mengembangkan situasi percakapan yang bervariasi yang bisa membentuk tuturan dengan struktur gagasan yang meliputi struktur informatif struktur elisitasi dan struktur direktif struktur situasional yang meliputi struktur pernyataan struktur pertanyaan dan struktur perintah dan struktur gramatikal yang meliputi struktur deklaratif struktur interogatif dan struktur imperatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271839

Actions (login required)

View Item View Item