Kamilin (2022) Konstruksi konsep diri dan efikasi diri warga belajar pendidikan kesetaraan di Kabupaten Malang / Kamilin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konstruksi konsep diri dan efikasi diri warga belajar Pendidikan kesetaraan merupakan dua hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan Pendidikan kesetaraan. karena itu memerlukan kajian mendalam dalam melihat konsep diri dan efikasi diri warga belajar Pendidikan kesetaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang fenomena konstruksi konsep diri dan efikasi diri warga belajar Pendidikan kesetaraan di kabupaten Malang yang secara terperinci dapat dijabarkan sebagai berikut (1) konstruksi konsep diri warga belajar Pendidikan kesetaraan di kabupaten Malang (2) efikasi diri warga belajar Pendidikan kesetaraan di kabupaten Malang (3) strategi PKBM untuk peningkatan konsep diri positif warga belajar pendidikan kesetaraan di kabupaten Malang dan (4) strategi PKBM untuk meningkatkan efikasi diri warga belajar Pendidikan kesetaraan di kabupaten malang. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif phenomologis pada penyelenggara Pendidikan kesetaraan vokasi di kabupaten Malang. Data penelitian dikumpulkan dari tujuh PKBM yang menyelenggarakan Pendidikan kesetaraan paket C vokasi di wilayah kabupaten Malang. Penyelenggara pendidikan kesetaraan vokasi tersebut adalah PKBM Manarul Ilmi PKBM Ki Hajar Dewantara PKBM Sultan Agung PKBM Sumber Ilmu PKBM Setia Mandiri PKBM Mentari dan SKB Negeri Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam observasi parsipatorik dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan validitas keabsahan data meliputi memperpanjang waktu penelitian ketekunan dan ketelitian pengamatan triangulasi dan fokus grup discussion (FGD) dengan teman sejawat dan kecukupan referensial selanjutnya teknik dependabilitas transferability dan confirmability. Hasil penelitian konstruksi konsep diri dan efikasi diri warga belajar pendidikan kesetaraan di Kabupaten Malang adalah sebagai berikut konstruksi konsep diri warga belajar pendidikan kesetaraan di Kabupaten Malang sangat baik warga belajar telah memiliki konsep diri positif karena warga belajar merasa dianggap setara dengan warga masyarakat lainya karena mampu mengikuti pendidikan meskipun hanya dengan mengikuti pendidikan kesetaraan. Warga belajar juga merasa terbantu untuk mengembangkan potensi dirinya dalam bidang ketrampilan yang diselenggarakan PKBM. Warga merasa sedikit terpenuhi sebagian dari kebutuhan dasarnya karena adanya komponen biaya pendidikan dari kementrian sosial RI bagi warga belajar pemegang KPM-PKH sehingga warga belajar mempunyai motivasi dan semangat untuk belajar yang tinggi. Efikasi diri warga belajar pendidikan kesetaraan telah sesuai harapan. warga belajar telah mempunyai efikasi diri yang tinggi hal ini dibuktikan dengan kemandirian ketekunan keuletan dan kegigihan warga belajar dalam mencerna setiap tugas yang diberikan para tutor dan instruktur. mereka yakin dengan ilmu dan ketrampilan yang mereka dapatkan mereka akan mampu bersaing dengan warga masyarakat lainya dalam mengejar harapan dan cita-citanya. Strategi peningkatan konsep diri positif warga belajar pendidikan kesetaraan telah berjalan dengan baik. pengelola pendidikan kesetaraan telah menyelenggarakan pendidikan dengan pendekatan humanis sesuai dengan metode pembelajaran andragogi. Strategi yang paling menonjol dan sangat efektif adalah kerjasama lintas instansi dunia industri dan dunia kerja. kerjasama yang paling berhasil adalah kerjasama dengan ujung tombak program kementrian sosial di tingkat desa yaitu pendamping KPM PKH. PKBM dan pendamping KPM PKH dapat bersama sama warga masyarakat pemegang kartu KPM PKH untuk mengikuti pendidikan Setara SD SMP dan SMA yaitu Paket A Paket B dan Paket C. Jalinan kerjasama yang sama yang sangat bermanfaat bagi warga belajar adalah kerjasama dengan direktorat kursus dan Pelatihan dalam pemanfaatan dana keterampilan yang sangat berguna bagi warga belajar. Strategi peningkatan Efikasi diri warga belajar pendidikan kesetaraan telah berjalan dengan optimal strategi tersebut adalah menghadirkan lulusan yang telah berhasil menghadirkan figur yang dapat menjadi panutan dalam belajar maupun bekerja serta menceritakan kiat kiat sukses seseorang dalam meniti usaha sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. beberapa strategi tersebut berjalan dengan baik walaupun hampir semua PKBM belum memiliki tutor dengan kompetensi bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271831 |
Actions (login required)
View Item |