Bina diri anak autis dalam pendidikan keluarga untuk mendidik kemandirian (studi fenomenologi keluarga) / Sutiyah Nova Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Bina diri anak autis dalam pendidikan keluarga untuk mendidik kemandirian (studi fenomenologi keluarga) / Sutiyah Nova Irawati

Irawati, Sutiyah Nova (2022) Bina diri anak autis dalam pendidikan keluarga untuk mendidik kemandirian (studi fenomenologi keluarga) / Sutiyah Nova Irawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bina diri dalam pendidikan anak autis merupakan suatu usaha dalam membangun dan mendidik melalui keluarga sehingga terwujud suatu kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk anak autis agar bisa mandiri dan dapat merawat diri. Fokus penelitian ini adalah bentuk bina diri dalam memandirikan anak autis dan proses bina diri pada anak autis di Kabupaten Magetan yang meliputi (a) bagaimana bentuk bina diri orang tua dalam mendidik anak autis dalam kemandirianya dan (b) bagaimana proses bina diri dalam memandirikan anak autis di Kabupaten Magetan Penelitian ini bertujuan (a) mendiskripsikan bentuk bina diri orang tua dalam mendidik anak autis dalam kemandirianya dan (b) mendiskripsikan proses bina diri dalam memandirikan anak autis di Kabupaten Magetan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomonologi. Penggalian data dilakukan degan mengunakan Teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan secara interaktif dan belangsung terus-menerus sampai datanya terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bina diri orang tua dalam mendidik anak autis dalam kemandirianya di Kabupaten Magetan diantaranya (1) membiasakan makan dan minum sendiri (2) membiasakan gosok gigi memakai pakaian dan melepas baju sendiri (3) membiasakan BAB dan BAK sendiri dan (4) mandi sendiri. Bentuk dari bina diri yang dilakukan oleh tua tersebut dibiasakan kepada anak autis dan diterapkan kepada seluruh anggota keluarga. Selanjutnya proses pola asuh dalam memandirikan anak autis melalui dua tahapan. Tahap pertama dimulai dari penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus dengan proses yang panjang. Hal itu terdiri dari lima tahap yaitu (1) tahap penolakan (2) tahap kemarahan (3) tahap depresi (4) tahap penawaran dan tahap penerimaan. Tahap selanjutnya yaitu proses pola asuh dalam memandirikan anak autis yang dilakukan oleh orang tua dilakukan bebabasis pengalaman antara lain (a) memberikan pengertian melalui visual (b) membuat jadwal kegiatan yang harus dilakukan oleh anak maupun keluarga (c) membuat komitmen dalam satu keluarga untuk membantu kemandirian anak autis (d) memberikan penghargaan atau hadiah apabila anak melakukan dengan baik dan benar. Saran dalam penelitian ini adalah menjadi orang tua yang tangguh dan sabar dalam mendidik anak autis untuk mandiri tidaklah mudah maka dari itu orang tua dalam pendidikan kemandirian anak autis mempunyai beberapa kunci dan metode yang harus disepakati oleh semua anggota keluarga agar dapat berhasil dalam mendidik anak autis untuk mandiri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271829

Actions (login required)

View Item View Item