Kepemimpinan Tuan Guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat pada Pondok Pesantren (studi multisitus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin, Darunnahdlatain, dan Nurul Hakim di Lombok, Nusa Tenggara Barat / Bustanul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan Tuan Guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat pada Pondok Pesantren (studi multisitus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin, Darunnahdlatain, dan Nurul Hakim di Lombok, Nusa Tenggara Barat / Bustanul Arifin

Arifin, Bustanul (2022) Kepemimpinan Tuan Guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat pada Pondok Pesantren (studi multisitus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin, Darunnahdlatain, dan Nurul Hakim di Lombok, Nusa Tenggara Barat / Bustanul Arifin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifin Bustanul. 2021. Kepemimpinan Tuan Guru dalam Menggerakkan Partisipasi Masyarakat pada Pondok Pesantren (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Darunnahdlatain dan Nurul Hakim di Lombok Nusa Tenggara Barat) Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Prof. Dr. Achmad Supriyanto M.Pd. M.Si. (III) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci kepemimpinan tuan guru partisipasi masyarakat pondok pesantren Kepemimpinan adalah faktor yang sangat menentukan kemajuan dalam organisasi organisasi yang efektif dipimpin oleh seorang pimpinan yang mampu membawa organisasi pada kondisi yang dicita-citakan kepemimpinan tuan guru merupakan kepemimpinan tradisional yang dipengaruhi oleh faktor kharisma. Tuan guru sebagai tokoh sentral telah berhasil melakukan mobilisasi masyarakat untuk berpartisipasi pada pondok pesantren. Kemampuan tuan guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat pada pondok pesantren didukung oleh beberapa faktor tuan guru merupakan sosok teladan tuan guru sebagai ahli agama berinteraksi langsung dengan masyarakat memberikan solusi terhadap permasalahan syar rsquo i tuan guru sebagai pelanjut perjuangan pendiri dan tuan guru melakukan aktifitas rutin melalui pengajian. Fokus penelitian meliputi kepemimpinan tuan guru dalam mempengaruhi masyarakat kepemimpinan tuan guru dalam menjalin kerjasama dengan masyarakat kepemimpinan tuan dalam melestarikan tradisi pesantren dan kepemimpinan tuan guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menemukan kepemimpinan tuan guru dalam mepengaruhi masyarakat kepemimpinan tuan guru dalam menjalin kerjasama dengan masyarakat kepemimpinan tuan guru dalam melestarikan tradisi pesantren dan kepemimpinan tuan guru dalam menggerakkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multisitus. Lokasi pada penelitian di pondok pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor dan Nurul Hakim Kediri. Subyek penelitian terdiri dari tuan guru santri alumni wali santri dan masyarakat. Instrumen penelitian yaitu peneliti sebagai instrumen kunci pedoman wawancara pedoman observasi dan studi dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis penelitian situs tunggal dilakukan dengan langkah-langkah data collection kondensasi data display data drawing dan verifying conclusion. Keabsahan data dengan teknik kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) tuan guru berhasil dalam mempengaruhi masyarakat pada peningkatan lembaga pendidikan peningkatan santri gotong royong melalui kiprah alumni di masyarakat kiprah tuan guru melalui majelis taklim pengajian kegiatan sosial memberi solus pada masyarakat pembinaan pondok pesantren (2) tuan guru berhasil menjalin kerjasama dengan masyarakat melalui fungsinya sebagai penghubung antara pondok pesantren dengan masyarakat pada bidang pendidikan sosial dan dakwah menghadiri undangan pengiriman duta pejuang/ da rsquo i ke berbagai daerah pembinaan masyarakat sekitar pengembangan basis ekonomi peternakan dan pertanian pemberdayaan alumni kajian keagamaan dan kegitan kemasyarakatan (3) tuan guru berhasil melestarikan tradisi pesantren dengan mengajarkan dan menjaga tradisi pesantren kepada santri dengan praktik dan bai rsquo at melanjutkan cara belajar dan kitab yang dipelajari mempertahankan tradisi talaqqi memberikan tugas kepemimpinan yang jelas menyiapkan kader-kader penerus menekankan prinsip sami rsquo na wa atho rsquo na mencari barokah dan (4) tuan guru efektif dalam melakukan penggerakan partisipasi masyarakat pada pondok pesantren dengan faktor doktrin Ma rsquo had yang melekat pada masyarakat norma kharismatisasi tuan guru memiliki ijazah masyarakat (pengakuan masyarakat atas keahlian bidang agama) terlibat langsung di tengah masyarakat mempertahankan khittah perjuangan pendiri tuan guru sebagai tokoh sentral tuan guru sebagai penceramah dominasi peran tuan guru. Penggerakan partisipasi masyarakat pada peningkataan lembaga pendidikan peningkatan thullab/santri pengiriman duta pejuang/dai ke berbagai daerah pembentukan pengurus wilayah di luar daerah dan luar negeri dan proses muadalah (penyetaraan S1)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271824

Actions (login required)

View Item View Item