Kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal minangkabau (studi multisitus pada Sekolah Dasar Negeri Kota Padang) / Farida Ariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal minangkabau (studi multisitus pada Sekolah Dasar Negeri Kota Padang) / Farida Ariani

Ariani, Farida (2022) Kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal minangkabau (studi multisitus pada Sekolah Dasar Negeri Kota Padang) / Farida Ariani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran kepala sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal menjadi penting dalam membentuk siswa yang unggul beriman berakhlak mulia bermutu disiplin berbudaya berwawasan lingkungan dan cinta tanah air. Keberhasilan pendidikan karakter dalam pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau memerlukan kepemimpinan yang visioner dalam membangun strategi pengajaran yang tepat. Fokus penelitian adalah mengkaji dan menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam merencanakan melaksanakan mengevaluasi menetapkan strategi dan mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau di tiga situs sekolah dasar di Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis (1) kepemimpinan dalam perencanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau (2) kepemimpinan dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau (3) kepemimpinan dalam strategi (4) kepemimpinan dalam mengatasi kendala dan solusi dan (5) kepemimpinan dalam pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai budaya lokal Minangkabau di SDN 11 Lubuk Buaya SDN Percobaan dan SDN 20 Piai Tanah Sirah Lubuk Begalung. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan multysites studies design. Lokasi penelitian adalah tiga situs Sekolah Dasar Negeri di Kota Padang yaitu SDN 11 Lubuk Buaya Padang SDN Percobaan Ujung Gurun Padang dan SDN 20 Piai Tanah Sirah Lubuk Begalung Padang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan format interview observasi penilaian portofolio dan dokumentasi dalam pengumpulan data lapangan. Analisis data menggunakan metode induksi analitik dengan mengumpulkan dan mengolah data yang diperoleh berkaitan dengan teori dan pengujiannya. Analisis data memiliki dua tahap analisis yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Tahapan dalam analisis situs tunggal dimulai dari pengumpulan data reduksi data pemaparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis lintas situs untuk membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing lokasi penelitian. Data-data disusun berdasarkan kategori dan tema dianalisis secara induktif konseptual. Tahapan analisis lintas situs meliputi (a) merumuskan proposisi berdasarkan temuan situs pertama kemudian dilanjutkan situs kedua dan ketiga (b) membandingkan dan memadukan temuan teoritik sementara dari ketiga situs dan (c) merumuskan simpulan teoritis berdasarkan analisis lintas situs sebagai temuan akhir. Hasil mengungkap bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal diawali dari perencanaan pelaksanaan strategi pengambilan kebijakan solusi dalam mengatasi kendala dan pengawasan serta evaluasi pembelajaran pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal yang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dalam pembelajaran sekolah menerapkan strategi pendidikan karakter terpadu berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau pada semua mata pelajaran melalui kolaborasi sekolah orang tua dan masyarakat. Pengawasan dan evaluasi dilakukan secara konsisten dalam membiasakan siswa mengamalkan 18 nilai karakter berbasis budaya lokal Minangkabau dalam kehidupan 1) Adat basandi syarak syarak basandi kitabullah syarak mangato adat mamakai (religius). 2) Putiah kapeh dapek diliek putiah hati bakaadaan bajalan dinan luruih bakato di nan bana (kejujuran) 3) Kok gadang jan malendo kok Panjang jan malindih cadiak jan manjua kawan gapuak jan mambuang lamak lamak dek awak ka tuju dek urang (toleransi) 4) Taguah andak kayo kuek mancari andak bailmu kuek baguru marugi mangko balabo bajariah mangko mandapek barakik-rakik ka hulu baranang-ranang ka tapian. Basakik-sakik dahulu basanang-sanang kamudian (disiplin dan tidak mudah menyerah) 5) Diasak indak layua dicabuik indak mati (kerja keras) 6) Indak ado rotan aka pun jadi (kreatif) 7) Sawuak aia mandikan diri indak maangok kalua badan (mandiri) 8) Saciok bak ayam sadanciang bak basi saiyo sakato duduk samo randah tagak samo tinggi (demokrasi) 9) Tau dinan ampek alun takilek lah takalam takilek ikan dalam ayia lah tantu jantan dan batinonyo (rasa ingin tahu) 10 suku ndak dapek diasak gala ndak dapek diagiah kampunang ndak dapek di tuka (semangat berbangsa) 11) Ujan ameh di nagari urang ujan batu di kampung kita namun kampung takana juo (cinta tanah air) 12) Kok manang jan manapuak dado kok salah jan manyasa nan cadiak tampek batanyo dan bijak tampek baiyo (menghargai prestasi) 13) Nan tuo dan ketek disayangi (ramah dan komunikatif) 14) Nan kusuik banyak salasai nan karuah lah janieh pulo hukum adie alah tapakai abihlah silang jo sangketo (cinta damai) 15) Alam takambang jadi guru (suka membaca) 16) Jago nagari jan binasa baso basi raso jo pareso (peduli lingkungan) 17) Saitiek saayam sasakik sasanang sahino samalu nan ado samo dimakan nan indak ado samo dicari ka bukik samo mandaki ka lurah samo manurun dapek musibah bahambuan mandapek kebaikan bahimbauan (kepedulian sosial) dan 18) tangan mancancang bahu mamikua anak dipangku kamanakan dibimbiang urang kampuang dipatenggangkan (tanggung jawab). Keberhasilan kepemimpinan dalam menerapkan strategi keteladanan dan pembiasaan pengamalan nilai-nilai budaya lokal Minangkabau di sekolah dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua tokoh masyarakat tokoh adat tokoh agama dan pemerintah daerah secara komprehensif melalui interaksi sosial sekolah dan masyarakat. Keberhasilan pengamalan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau dipengaruhi juga oleh keberhasilan strategi keteladanan dan pembiasaan yang dilaksanakan secara berkelanjutan oleh kepala sekolah dan diterapkan berdasarkan tata tertib sekolah yang dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah dan orang tua. Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kualitas penanaman pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau melalui penguatan keterampilan guru dan seluruh sumber daya sekolah dan sekaligus memperluas kerjasama program pendidikan karakter berbasis nilai-nilai budaya lokal Minangkabau lintas Sekolah Dasar yang ada di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271819

Actions (login required)

View Item View Item