Pengaruh strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa / Chusnul Muali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa / Chusnul Muali

Muali, Chusnul (2022) Pengaruh strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa / Chusnul Muali. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap pembelajaran. Pergeseran paradigma belajar turut memberikan andil dalam cara siswa belajar. Terlebih pembelajaran berbantuan teknologi Mobile Augmented Reality dengan menjadi media belajar yang menghadirkan stimulasi untuk ruang kognitif siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi pretest-posttest non equivalent control group design versi faktorial 2x3. Subjek penelitian melibatkan 160 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakuniran Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini 1) instrumen perlakuan dan 2) instrumen pengambilan data. Data hasil penelitian dianalisis dengan t-test for Equality of Means dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan tanpa bantuan mobile augmented reality (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang memiliki pengaturan diri berbeda (3) terdapat interaksi siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap pemahaman konsep siswa (4) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif yang signifikan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan tanpa bantuan mobile augmented reality (5) terdapat perbedaan keterampilan metakognitif siswa yang memiliki pengaturan diri berbeda (6) terdapat interaksi antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality dan pengaturan diri terhadap keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru mengimplementasikan strategi pembelajaran penemuan berbantuan mobile augmented reality untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271815

Actions (login required)

View Item View Item