Pembelajaran yang menumbuhkan integritas (studi fenomenologi di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta) / Umar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran yang menumbuhkan integritas (studi fenomenologi di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta) / Umar

Umar, Umar (2022) Pembelajaran yang menumbuhkan integritas (studi fenomenologi di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta) / Umar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya penelitian didasarkan pada aspek pokok bahwa pembelajaran sebagai upaya membelajarkan pebelajar menjadi manusia yang utuh berkarakter integritas istiqamah dan berakhlakul karimah. Meningkatnya krisis moral dan pergeseran tata nilai kebangsaan kepemimpinan dan kemanusiaan yang sangat mendasar yaitu integritas rendah (low integrity) dan kepribadian terpecah (split personality) ada banyak kasus berkaitan dengan masalah tersebut karena itu bentuk respons pembelajaran ialah penumbuhan karakter integritas pebelajar berlatar Madrasah Boarding School. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskripsikan gambaran kebijakan dan konsep pembelajaran pengalaman pembelajar dan strategi-strategi pembelajaran dalam menumbuhkan integritas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi yakni mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran yang menumbuhkan integritas pebelajar yang dilaksanakan di Madrasah Mu rsquo allimin Muhammadiyah Yogyakarta (M3Y) Propinsi DIY. Madrasah ini merupakan pusat pendidikan kader tingkat menengah eksistensinya telah mencapai rentang waktu perjalanan lebih satu abad berhasil melaksanakan pembelajaran karakter integritas dan pembinaan kader kepemimpinan ulama dan pendidik sebagai ciri khasnya. Kriteria subjek penelitian ini yaitu direksi madrasah direktur purna tugas guru/ustaz pamong dan musyrif asrama pegawai/staff alumni dan siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara observasi dan dokumentasi serta menggunakan pedoman yang telah ditentukan. Sedangkan analisis data dilakukan selama proses penelitian dengan langkah-langkah (1) mengindentifikasi. Transkripsi mengorganisasikan dan mengkategorikan data relevan. (2) Membuat kode data sesuai urutan-urutan yang ditentukan dan menyajikannya dan (3) Menarik kesimpulan dan menetapkan sebagai penegasan hasil temuan penelitian. Peneliti tetap memperhatikan paparan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama terdapat kebijakan-kebijakan pendidikan yang melandasi dan mendukung upaya pembelajaran yang menumbuhkan integritas pebelajar di Madrasah Mu rsquo allimin Muhammadiyah Yogyakarta kebijakan telah menjadi satu kesatuan (terintegrasi) dalam latar madrasah dan asrama motivasi dan prestasi maupun heterogenitas pebelajar. Kesemuanya diupayakan untuk menciptakan iklim dan kenyamanan pembelajaran secara kontinyu dan menyeluruh. Kedua kebijakan dan konsep pembelajaran bertujuan dan bermuara pada terwujudnya profil pebelajar berkarakter integritas yang dipersiapkan menjadi calon pemimpin ulama dan pendidik pengembang dakwah amar ma rsquo rif nahi mungkar pelanjut cita dan gerakan Muhammadiyah yang memerlukan karakter integritas yang kokoh. Ketiga pengalaman unsur pembelajar menginternalisasi integritas terjadi melalui pola pembelajaran kelas lingkungan madrasah dan budaya kehidupan berasrama sedangkan respons pebelajar ialah mampu mengeskternalisasi dan mengembangkan diri dalam tingkatan pembelajaran pada skema pendidikan kader unggul enam tahun. Keempat menumbuhkan integritas pebelajar telah melalui strategi-strategi pembelajaran dan metode-metode internalisasi. Strategi tersebut yaitu strategi pengorganisasian penyampaian dan pengelolaan pembelajaran sedangkan metode-metode khusus terlaksana berupa pelibatan pembudayaan dan pengkondisian pebelajar dalam menumbuhkan integritas. Karena itu penelitian ini berkontribusi pada pengembangan karakter bakat kepemimpinan dalam pendidikan luas dan mendorong integritas akademik dan non akademik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271809

Actions (login required)

View Item View Item