Professional learning networks berplatform media sosial di kalangan anggota komunitas Guru / Wawan Krismanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Professional learning networks berplatform media sosial di kalangan anggota komunitas Guru / Wawan Krismanto

Krismanto, Wawan (2022) Professional learning networks berplatform media sosial di kalangan anggota komunitas Guru / Wawan Krismanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menyadari masih terdapatnya beragam keterbatasan dalam pengembangan professional guru secara formal beberapa komunitas guru di Indonesia memiliki inisiatif membangun dan menggerakkan guru-guru untuk terlibat dalam professional learning networks secara informal dengan memanfaatkan media sosial. Diantara komunitas-komunitas guru tersebut adalah Asosiasi Guru Belajar (AGB) Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) dan Sarasehan Dalam Jaringan Ikatan Guru Indonesia (Sadar IGI amp Afiliasi). Untuk itu tujuan riset ini adalah menginvestigasi fenomena belajar kalangan guru anggota komunitas guru fokusnya pada bagaimanakah model professional learning networks berplatform media sosial dikalangan anggota komunitas guru AGB KGBN Sadar IGI amp Afiliasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Guru-guru anggota ketiga komunitas menjadi sampel atau informan penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara studi dokumentasi dan observasi. Instrumen pengumpulan datanya berupa pedoman wawancara pedoman analisis dokumen dan pedoman observasi. Data-data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan software NVivo 12 Plus. Hasil penelitian menunjukkan ditemukannya 1) penggunaan media sosial yang efektif pada saat membangun mengembangkan dan menggerakkan komunitas 2) komponen pembelajaran yang jelas dan terstruktur baik pada komponen kondisi metode dan hasil pembelajarannya 3) pengelolaan pembelajaran yang baik terkait orientasi fasilitasi dan durasi kegiatan pembelajaran dan 4) aktivitas proses pembelajaran yang optimal berupa tindakan keterlibatan dan pengalaman guru-guru anggotanya 5) luaran pembelajaran dikalangan guru anggota ketiga komunitas yang berkarakteristik mandiri adaptif dan berkelanjutan dalam pengembangan profesional. Berdasarkan temuan penelitian dan membahasnya dengan beragam literatur maka dapat disimpulkan sebuah rumusan teori subtantif hasil penelitian ini yaitu model professional learning networks berplatform media sosial pada kalangan anggota komunitas guru dilandasi oleh keterlibatan yang solid antara kalangan anggota maupun pengelola komunitas guru. Keterlibatan tersebut membentuk bangunan pembelajaran professional learning networks berplatform media sosial yang kokoh dengan ditopang oleh 1) penggunaan media sosial yang efektif 2) komponen pembelajaran yang jelas dan terstruktur 3) pengelolaan pembelajaran yang baik dan 4) aktivitas proses pembelajaran yang optimal. Bangunan pembelajaran tersebut akan menumbuhkan konsistensi kalangan anggota komunitas guru sehingga berpotensi menghasilkan luaran pembelajaran yang berkarakteristik mandiri adaptif dan berkelanjutan pada pengembangan profesional mereka sebagai guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271807

Actions (login required)

View Item View Item