Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul Huda / Ariyani Mulio - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul Huda / Ariyani Mulio

Muljo, Ariyani (2022) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul Huda / Ariyani Mulio. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah berbasis proyek. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model yang menggunakan pendekatan konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan ekspreimen semu (quasi experimental design). Penggunaan rancangan eksperimen semu karena penentuan subjek penelitian ini tidak dapat diambil secara acak serta kondisi kelas tidak memungkinkan untuk diubah (setyosari 2013). Rancangan penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa. desain penelitian ini memiliki 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelas yang digunakan untuk menerapkan model pembelajaran geometri berbasis proyek sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang konvensional dalam hal ini pembelajaran inquiry. Sebelum melakukan perlakuan terlebih dahulu akan dilakukan pre-test selanjutnya dilakukan perlakuan dan diakhir pembelajaran akan dilakukan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Islam Nurul Huda Kota Malang. Beberapa alasan yang mendasari penentuan populasi penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa yang belum muncul dan terlihat pada hasil belajar siswa namun karya siswa nya dapat berstandar memiliki kemampuan pemecahan masalah. Dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of variance (Manova) dua jalur 2 x 2 Manova juga memerlukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varian Temuan hipotesis pertama memberikan kesimpulan bahwa nilai signifikansi 0 000 yang berada di bawah 0 05. Dengan demikian bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan karena dengan adanya masalah yang harus di pecahkan secara mandiri oleh siswa membuat siswa tersebut harus siap dan mampu mengkomunikasikannya secara lisan maupun tulisan agar dapat menyelesaikan masalah yang di hadapinya.. Hasil hipotesis kedua adalah diperoleh nilai signifikansi 0 000 yang berada di bawah 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan dengan adanya masalah yang harus di pecahkan secara mandiri oleh siswa membuat siswa tersebut harus siap dan mampu meyimpulkan pemabahasan materi yang di ajarkan sehingga dapat menyelesaikan masalah yang di hadapinya. pada hipotesis ketiga adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki keterampilan komunikasi tinggi dan keterampilan komunikasi rendah. Uji hipotesis yang keempat menyatakan bahwa nilai signifikansi 0 821 yang berada di atas 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran siswa yang memiliki keterampilan komunikasi tinggi dan keterampilan komunikasi rendah. Temuan hasil uji hipotesis kelima disimpulkan bahwa terdapat tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Terakhir untuk uji hipotesis keenam diperoleh bahwa nilai signifikansi 0 026 yang berada di bawah 0 05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi terhadap kemampuan penalaran siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran geometri proyek ditinjau dari keterampilan komunikasi siswa. Kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan komunikasi lebih baik daripada yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271806

Actions (login required)

View Item View Item