Hubungan technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri integrasi teknologi, regulasi diri dan integrasi ICT / Ika Ratih Sulistiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri integrasi teknologi, regulasi diri dan integrasi ICT / Ika Ratih Sulistiani

Sulistiani, Ika Ratih (2022) Hubungan technological pedagogical content knowledge (TPACK), efikasi diri integrasi teknologi, regulasi diri dan integrasi ICT / Ika Ratih Sulistiani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengintegrasikan ICT di dalam kelas tidak hanya bergantung pada desain pembelajaran yang dilakukan tetapi juga pada aspek individu. Kemampuan keyakinan persepsi efikasi diri dan kemandirian mempengaruhi keputusan untuk mengintegrasikan teknologi di dalam kelas. Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Efikasi Diri Integrasi Integrasi dan Regulasi diri merupakan faktor penting dalam mewujudkan keefektifan integrasi ICT calon guru pendidikan Islam di kelas. Keterkaitan faktor-faktor kritis tersebut tidak lepas dari karakteristik demografi mahasiswa pendidikan Islam seperti jenis kelamin program studi dan pengalaman mengikuti program pendidikan. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa efektivitas integrasi TIK bervariasi. Beberapa faktor memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Perbedaan temuan penelitian ini didasarkan pada faktor lain yang mempengaruhinya seperti faktor dalam diri siswa yaitu demografi dan faktor eksternal seperti isi atau tema pembelajaran. Urgensi penelitian ini selain untuk melihat keterkaitan antara technological pedagogical content knowledge efikasi diri integrasi teknologi regulasi diri dan keefektifan integrasi ICT pada mahasiswa pendidikan Islam. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak pada berlangsungnya proses belajar dan pembelajaran dalam mengintegrasikan teknologi di dalam kelas. Calon guru harus memiliki kompetensi ICT yang diperlukan untuk mengajar dan meningkatkan keterampilan dalam praktik pembelajaran. Desain penelitian menggunakan penelitian explanatory. Empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini meliputi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebagai variabel (X) Efikasi Diri Integrasi Teknologi (Z1) Regulasi diri(Z2) dan Integrasi ICT sebagai variabel (Y). Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa tahun ke empat yang telah menyelesaikan program praktek pengalaman lapangan 1 dan 2. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik sampel acak proporsional (proportional random sampling). Jumlah sampel sesuai dengan perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin sejumlah 222 guru atau 44.4% dari total jumlah populasi berdasarkan pengalaman mengikuti program praktik lapangan 2 semester. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket atau kuesioner tertutup dengan skala 5. Teknik analisis data yang dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dan Efikasi Diri Integrasi Teknologi (2) ada hubungan positif dan signifikan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dan Regulasi Diri (3) ada hubungan positif dan signifikan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dan Integrasi ICT (4) tidak ada hubungan positif dan signifikan antara Efikasi Diri Integrasi Teknologi dan Integrasi ICT (5) ada hubungan positif dan signifikan antara Regulasi Diri dan Integrasi ICT dan (6) ada hubungan positif dan signifikan secara tidak langsung antara Technological Pedagogical Content Knowledge dengan Integrasi ICT melalui Efikasi Diri Integrasi Teknologi dan Regulasi Diri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271805

Actions (login required)

View Item View Item