Pengaruh strategi pembelajaran berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif / Ilmawan Mustaqim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif / Ilmawan Mustaqim

Mustaqim, Ilmawan (2022) Pengaruh strategi pembelajaran berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif / Ilmawan Mustaqim. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran berbagi ilmu dalam proses pembelajaran dan pendidikan sangat penting untuk pertukaran pengetahuan diantara mereka yang tertarik dengan sistematika dan pemikiran sistem. Ilmu pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi perlu disempurnakan dengan pengetahuan yang ada di luar perguruan tinggi. Adanya desain pembelajaran dengan strategi berbagi pengetahuan yang tepat akan mendukung keterampilan di abad 21 yakni komunikasi kolaborasi berpikir kritis berpikir kreatif juga logika komputasi dan kepedulian. Implementasi dari teori dan praktek yang telah dipelajari di kampus menjadikan mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan riil di stake holder. Beberapa perguruan tinggi terutama keteknikan berusaha mengangkat permasalahan riil ini ke dalam pembelajaran di kelas melalui strategi pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Beberapa penelitian terkait menyebutkan bahwa PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Namun demikian dari kedua strategi tersebut melibatkan individu mahasiswa yang notabene memiliki faktor efikasi diri dalam diri yang diduga mempengaruhi keberhasilan strategi tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang berbagi pengetahuan salah satunya faktor kepercayaan terhadap kemampuan diri seseorang atau efikasi diri. Efikasi diri memiliki efek langsung dan tidak langsung pada perilaku berbagi pengetahuan maupun dalam PjBL sehingga perlu diteliti sejauhmana keterkaitan ketiganya terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh berbagi pengetahuan pembelajaran berbasis proyek dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi exsperiment faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah 80 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. yang mengikuti mata kuliah Praktek Sistem Otomasi Industri. Pengambilan data menggunakan angket efikasi diri sedangkan Tes Esai digunakan untuk pengukuran kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran berbagi pengetahuan dan strategi pembelajaran PjBL. Variabel moderator adalah efikasi diri yang dibedakan menjadi tinggi dan rendah. Teknik analisis data menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA). Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi a 0 05. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh berbagi pengetahuan dengan project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) terdapat perbedaan pengaruh efikasi diri tinggi dengan efikasi diri rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah. (3) terdapat perbedaan pengaruh berbagi pengetahuan dengan project based terhadap hasil kemampuan berpikir kreatif. (4) terdapat perbedaan pengaruh efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah terhadap kemampuan kemampuan berpikir kreatif. (5) terdapat interaksi antara berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah. (6) terdapat interaksi antara berbagi pengetahuan dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271804

Actions (login required)

View Item View Item