Model Project Action Learning Vocational and Social Skill (PALVoSoS) untuk siswa disabilitas intelektual / Vendyah Trisnaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Model Project Action Learning Vocational and Social Skill (PALVoSoS) untuk siswa disabilitas intelektual / Vendyah Trisnaningtyas

Trisnaningtyas, Vendyah (2022) Model Project Action Learning Vocational and Social Skill (PALVoSoS) untuk siswa disabilitas intelektual / Vendyah Trisnaningtyas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi pendidikan bertujuan untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja. Memfasilitasi belajar menyangkut semua pebelajar termasuk pebelajar yang mengalami keterbatasan. Disabilitas Intelektual (DI) memilki keterbatasan dalam akademik sehingga berdampak pada kemampuan belajarnya. Pembelajaran bagi DI hendaknya diarahkan pada keterampilan dalam kecakapan hidup. Keterampilan kecakapan hidup dapat dilakukan dengan mengembangkan dan melatih keterampilan vokasi dan sosial. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik DI diharapkan mampu mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh siswa dan berfungsi untuk memberikan pengalaman belajar dalam mengembangkan dan melatih keterampilan vokasi dan sosial serta mendukung interaksi unik yang bermanfaat untuk belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model Project Action Learning Vocational and Social Skill (PALVoSoS) sekaligus menguji model yang digunakan tersebut valid dan praktis serta menguji keefektifan hasil model berupa produk perangkat pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa disabilitas intelektual di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE. Diawali dengan mengembangkan model kemudian mengembangkan produk berbasis kinerja yang berpusat pada siswa. Hasil pengembangan produk diantaranya adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari Silabus PPI RPP Handout dan Lembar Penilaian. Subyek penelitian terdiri dari 99 anak DI dengan kategori sedang dan mampu didik dari 10 SMP Negeri di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki kemampuan mengoperasikan smartphone dan mampu mandiri. Implementasi penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan mengerjakan LKS yang ada di dalam handout pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model PALVoSoS menghasilkan produk berupa cookies dan kemasan pelaksanaan proses pembelajaran sekaligus dilakukan pengambilan data berupa angket untuk mengetahui sikap kemampuan kognitif keterampilan vokasional dan keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model dan perangkat pembelajaran PALVoSoS sebagai tools bagi siswa DI memberikan perubahan yang moderat dalam perolehan sikap dan kemampuan kognitif sedangkan perubahan keterampilan vokasional dan keterampilan sosial tinggi ( 2) penggunaan handout sebagai bahan ajar bagi siswa DI memberikan perubahan besar dalam perolehan keterampilan vokasional dengan membuat kemasan dan cookies (3) terdapat perbedaan keterampilan vokasional dan keterampilan sosial dengan menggunakan model pembelajaran PALVoSoS dan (4) ada perbedaan perolehan antara keterampilan vokasional dan keterampilan sosial dengan menggunakan handout sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 04:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271803

Actions (login required)

View Item View Item