Pendidikan karakter nasionalis religius (studi etnografi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Nasima Semarang) / Agus Syakroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter nasionalis religius (studi etnografi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Nasima Semarang) / Agus Syakroni

Syakroni, Agus (2022) Pendidikan karakter nasionalis religius (studi etnografi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Nasima Semarang) / Agus Syakroni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Nasima Semarang memiliki peran sangat penting sebagai komunitas masyarakat pembentuk karakter. Sekolah ini berhasil mengembangkan model pendidikan karakter berbasis budaya sekolah yang dikembangkan di antaranya melalui proses pembelajaran dan pembiasaan (habituasi) dalam kegiatan jelajah nusantara kerjasama dengan keluarga dan masyarakat luas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan 1) Pandangan pengetahuan dan pemahaman warga sekolah Nasima mengenai karakter nasionalis-religius 2) pandangan dan pengetahuan masyarakat sekolah Nasima tentang nilai norma sikap dan tindakan yang dikonstruksi bersama menjadi bahan pembelajaran karakter nasionalis-religius dan 3) strategi pembelajaran karakter nasionalis-religius yang mengintegrasikan nilai norma sikap tindakan dan kepercayaan masyarakat sekolah Nasima. Penelitian ini didesain secara kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penggunaan desain studi etnografi pendidikan dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan eksplanasi fenomena budaya sekolah Nasima yang dapat direkonstruksi menurut perspektif partisipan dan mengalir secara alamiah. Subyek penelitian ini adalah warga Nasima yang dipilih secara bertujuan (purposive sampling). Sementara datanya berupa ucapan tulisan artefak dokumen rekaman dan video yang didapatkan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Validasi data dilakukan melalui triangulasi data. Sementara analisis data dilakukan melalui enam langkah preparing and organizing data exploring and coding data describing findings and forming themes representing and reporting findings interpreting the meaning of the findings validating the accuracy of the findings. Hasil penelitian menunjukkan 1) Karakter nasionalis-religius adalah semangat untuk menunjukkan rasa kesetiaan dan cinta kepada tanah air dengan tidak meninggalkan perintah agama dan kepercayaannya. Konsep ini terlahir dari pandangan warga sekolah Nasima Semarang bahwa keberagaman atau kebhinekaan budaya yang dilandasi semboyan Bhinneka Tunggal Ika itulah yang melahirkan Nasionalisme Indonesia. Warga Nasima juga meyakini eksistensi agama menjadi simbol kuat bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Sehingga konsepsi pendidikan karakter Sekolah Nasima adalah integrasi budaya dan agama dalam pembelajaran yang berwujud pendidikan multikultural nasionalis-religius. 2) Nilai-nilai inti (core values) Sekolah Nasima meliputi nilai nasionalis agamis santun integritas makmur berkelimpahan (entrepreneurship) aktif komunikatif empati dan bertanggungjawab. Nilai-nilai tersebut diorganisir menjadi pesan pembelajaran yang ditanamkan dalam wujud simbol-simbol display ruang kelas dan media pembelajaran yang bertemakan budaya nusantara dan simbol-simbol agama. 3) Strategi pembelajaran karakter nasionalis-religius sekolah Nasima dilaksanakan melalui integrasi kurikulum rutinitas harian kegiatan insidental Nasima dan artefak simbol-simbol Sekolah Nasima. Dalam menguatkan pendidikan karakter di sekolah Nasima dilakukan kegiatan Jelajah Nusantara meliputi Display Kelas Jelajah Nusantara Media Pembelajaran Jelajah Nusantara Pengenalan dan Eksplorasi Lingkungan Jelajah Nusantra dan Explore live in expose Jelajah Nusantara. 4) Grand theory dari penelitian ini menunjukkan bahwa manusia Indonesia yang nasionalis-religius adalah insan yang berakidah kuat memiliki jatidiri kebangsaan yang kokoh berilmu dan berakhlak mulia agar siap mengarungi zamannya bersanding dan berkarya setara bahkan lebih baik dari bangsa lain siap membawa perubahan bagi diri bangsa dan agama ke arah kemajuan dan kehidupan Indonesia yang lebih gemilang gemah ripah lohjinawi tata titi tentrem kartaraharja baldatun thayyibatun warabbun ghofur.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271802

Actions (login required)

View Item View Item