Hubungan antara literasi digital gaya mengajar dan efikasi diri terhadap kapabilitas guru paud / Achmad Sya'dullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara literasi digital gaya mengajar dan efikasi diri terhadap kapabilitas guru paud / Achmad Sya'dullah

Sya'dullah, Achmad (2022) Hubungan antara literasi digital gaya mengajar dan efikasi diri terhadap kapabilitas guru paud / Achmad Sya'dullah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan yang signifikan antara literasi digital kapabilitas guru efikasi diri dan gaya mengajar sudah terbukti pada penelitian terdahulu. Penelitian ini mencari hubungan antar variabel dengan demografi kondisi pandemi covid 19 dan konten yang berbeda dari sebelumnya. Era digital membutuhkan fasilitas yang mendukung untuk membantu proses belajar mengajar apalagi masa pandemi covid 19 yang mengharuskan belajar online. Guru paud dituntut untuk menggunakan media digital dalam proses belajar mengajar padahal latar belakang pendidikananya beragam mulai dari ijazah SMA/setara 32% S1 paud 15% S1 Pendidikan 28% dan S1 non Pendidikan 25% begitu juga keaktifan dalam organisasi profesi guru tentunya akan berdampak terhadap literasi digital guru dengan pengalaman gaya mengajar offline apalagi peserta didik anak usia dini yang memiliki karakteristik yang unik. Penelitian ini menggunakan ekspost facto yaitu. sebagai alternatif metode eksperimental klasik untuk membangun hubungan kausal antara peristiwa dan keadaan terdapat empat variabel yaitu literasi digital dan gaya mengajar sebagai variabel eksogen kapabilitas guru sebagai variabel indogen dan efikasi diri sebagai variabel moderator. Sampel penelitian menggunakan Proportionate stratified random sampling sebanyak 355 guru reponden dengan pengalaman mengajar tiga tahun lebih. Instrumen yang digunakan berupa angket atau kuesioner teknik analisis data yang dilakukan melalui analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan literasi digital dengan gaya mengajar 2) tidak ada hubungan literasi digital dengan kapabilitas guru paud 3) ada hubungan literasi digital dengan efikasi diri guru paud 4) ada hubungan gaya mengajar dengan efikasi diri guru 5) ada hubungan gaya mengajar dengan kapabilitas guru 6) ada hubungan efikasi diri dengan kapabilitas guru 7) ada hubungan literasi digital dengan kapabilitas guru melalui efikasi diri 8) tidak ada hubungan gaya mengajar dengan kapabilitas guru melalui efikasi diri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271801

Actions (login required)

View Item View Item