Pengaruh project based assisted online learning dan self-efficacy terhadap students' language performance / Mariana Ulfah Hoesny - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based assisted online learning dan self-efficacy terhadap students' language performance / Mariana Ulfah Hoesny

Hoesny, Mariana Ulfah (2022) Pengaruh project based assisted online learning dan self-efficacy terhadap students' language performance / Mariana Ulfah Hoesny. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered learning) menjadi pembelajaran yang berpusat pada pebelajar (students centered learning-SCL) telah melahirkan beberapa model pembelajaran yang mengakomodasi prinsip-prinsip dari paradigma baru tersebut. Salah satu contoh dari penerapan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada pebelajar adalah project based learning (PjBL). PjBL merupakan suatu model pembelajaran yang mendorong pebelajar untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran serta termotivasi. Selain itu penerapan PjBL mendorong terciptanya keterampilan-keterampilan seperti berpikir kritis berkreasi berkolaborasi dan berkomunikasi. Empat keterampilan tersebut diperlukan pada masa Industri Revolusi 4.0. Penerapan PjBL dilakukan tidak hanya pada bidang sains dan matematika tetapi juga pada pembelajaran Bahasa Inggris. Lingkungan PjBL menciptakan meaningful contexts yang memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk belajar Bahasa Inggris dengan situasi menyerupai dunia nyata. Selain itu komunikasi yang terjadi dalam atmosfer PjBL bersifat alami sehingga dapat menstimulasi pembelajar untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pebelajar. Terkait dengan pembelajara Bahasa Inggris kehadiran teknologi yang bersifat online dapat dimanfaatkan. Selain sebagai salah satu cara untuk mengatasi kendala waktu media belajar online dapat memperkaya sumber belajar serta ruang untuk berlatih. Sehingga perpaduan antara PjBL dengan pembelajaran online dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif baik untuk memperkaya maupun mendukung proses pembelajaran. Selain pemanfaatan teknologi dalam bentuk pembelajaran online faktor afektif yang berpengaruh pada pembelajaran Bahasa juga layak diperhatikan. Kepribadian usia gender motivasi serta self-efficacy merupakan beberapa faktor afektif yang dilaporkan berpengaruh pada pemerolehan Bahasa. Merujuk pada hal tersebut self-efficacy sebagai salah satu faktor afektif digunakan sebagai variabel moderator. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan PjBL berbantuan pembelajaran online dengan self-efficacy sebagai variabel moderator untuk meningkatkan performansi berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Enam hipotesis yang diajukan adalah 1) terdapat perbedaan speaking performance antara kelompok mahasiswa yang menerapkan PjBL assisted online learning dengan kelompok mahasiswa yang menerapkan PjBL half online learning 2) terdapat perbedaan speaking performance antara kelompok mahasiswa yang memiliki self efficacy tingi dan self efficacy rendah 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PjBL assisted online learning dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah terhadap speaking performance 4) terdapat perbedaan writing performance antara kelompok mahasiswa yang menerapkan strategi PjBL assisted online learning dengan PjBL half online learning 5) terdapat perbedaan writing performance kelompok mahasiswa yang memiliki self efficacy tinggi dan self efficacy rendah 6) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PjBL assisted online learning dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah terhadap writing performance. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan Pretest dan Post-test Control Group Design. Partisipan yang digunakan adalah 92 mahasiswa Diploma IV Teknik Elektronika Politeknik Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Inggris III. Terdapat tiga instrument dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan berbicara dan menulis yang diadaptasi dari TOEIC rubric penilaian keterampilan berbicara dan menulis yang diadaptasi dari TOEIC serta kuesioner self-efficacy pada keterampilan berbicara dan menulis. Analisis penelitian ini menggunakan Manova factorial 2x2. Temuan dalam penelitian ini adalah 1) speaking performance antara kelompok mahasiswa yang menerapkan PjBL assisted online learning berbeda secara signifikan dengan kelompok mahasiswa yang menerapkan PjBL berbantuan zoom 2) speaking performance antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy tinggi berbeda secara signifikan dengan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy rendah 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PjBL assisted online learning dengan self-efficacy tinggi dan rendah terhadap speaking performance. 4) writing performance antara kelompok mahasiswa yang menerapkan strategi PjBL assisted online learning dengan PjBL berbantuan zoom tidak berbeda secara signifikan 5) writing performance antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy tinggi tidak berbeda secara signifikan dengan yang memiliki self-efficacy rendah 6) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran PjBL assisted online learning dengan self-efficacy tinggi dan rendah terhadap writing performance. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dikemukakan beberapa saran sebagai berikut 1) pembelajaran berbasis proyek berbantuan online learning sebaiknya diterapkan untuk mengajar Bahasa Inggris karena kehadiran perangkat online memperkaya penerapan PjBL dalam hal menyediakan konteks bermakna serta dukungan untuk berlatih keterampilan berbahasa Inggris 2) Integrasi teknologi sebaiknya dilakukan mengingat hal tersebut sesuai dengan karakteristik pembelajar saat ini 3) Peranan faktor afektif khususnya self-efficacy diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris karena dapat digunakan untuk mendorong peningkatan keterampilan berbahasa Inggris 4) Penelitian lanjutan dengan mengimplementasikan PjBL berbantuan perangkat online lain sangat disarankan. Demikian juga dengan menggunakan variabel moderator yang berbeda. Sehingga terkumpul informasi yang lebih dalam dan bervariasi yang dapat berkontribusi terhadap perbaikan proses belajar mengajar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271798

Actions (login required)

View Item View Item