Pengaruh model ergonomics of reggio emilia approach dan mastery motivation terhadap kemandirian anak usia dini / Nelva Rolina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model ergonomics of reggio emilia approach dan mastery motivation terhadap kemandirian anak usia dini / Nelva Rolina

Rolina, Nelva (2022) Pengaruh model ergonomics of reggio emilia approach dan mastery motivation terhadap kemandirian anak usia dini / Nelva Rolina. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan kemandirian anak penting untuk distimulasi terutama stimulasi yang diberikan dari lingkungan terdekat anak baik di rumah maupun di sekolah. Kurangnya stimulasi yang diberikan oleh orangtua di rumah dengan alasan rasa kasih sayang pada anak dengan melayani secara berlebih segala kebutuhan dasar dan kebutuhan pribadi anak hingga membuat anak ketergantungan membuat peran lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) sangatlah penting dimana ergonomi merupakan salah satu dari tiga pilar pelaksanaan pembelajarannya. Reggio Emilia Approach (REA) merupakan model pembelajaran yang sangat memperhatikan ergonomi dengan atelierista-nya sehingga muncul model Ergonomic of Reggio Emilia Approach (EoREA). Perkembangan kemandirian anak usia dini tidak hanya dipengaruhi oleh model EoREA namun terdapat pula mastery motivation karena dalam kemandirian ada usaha untuk memecahkan permasalahan. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara model EoREA dan mastery motivation di mana keduanya dapat membantu meningkatkan perkembangan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menguji pengaruh model EoREA dan mastery motivation terhadap kemandirian anak usia dini. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan terhadap kemandirian anak usia dini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan kemandirian anak usia dini antara kelompok kelas menggunakan penataan lingkungan main sesuai model EoREA dengan kelompok kelas tanpa penataan lingkungan main sesuai model EoREA (2) untuk mengetahui perbedaan kemandirian anak usia dini antara kelompok yang memiliki mastery motivation tinggi dengan kelompok yang memiliki mastery motivation rendah serta (3) untuk mengetahui interaksi antara model EoREA dan mastery motivation terhadap kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan quasi experimental (kuasi eksperimen atau eksperimen semu). Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (model EoREA) variabel moderator (mastery motivation) dan variabel terikat (kemandirian anak usia dini). Desain kuasi eksperimen dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu (1) terdapat perbedaan kemandirian yang signifikan antara anak usia dini (dalam penelitian ini adalah siswa KB) yang belajar dalam kelas menggunakan penataan lingkungan main sesuai model EoREA dengan yang belajar dalam kelas tanpa penataan lingkungan main sesuai model EoREA (NEoREA). Ruang kelas yang menggunakan penataan lingkungan main sesuai model EoREA terbukti mempunyai pengaruh lebih baik terhadap kemandirian anak usia dini dibandingkan model NEoREA (2) kemandirian pada anak usia dini (dalam penelitian ini adalah siswa KB) berbeda secara signifikan antara yang memiliki mastery motivation tinggi dan yang memiliki mastery motivation rendah. Kelompok anak yang memiliki mastery motivation tinggi memiliki kemandirian lebih baik daripada kelompok anak yang memiliki mastery motivation rendah dan (3) Ada interaksi antara model EoREA dan mastery motivation terhadap kemandirian pada anak usia dini. Melihat temuan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa model EoREA dan mastery motivation mempengaruhi kemandirian anak usia dini yaitu semakin meningkatnya kemandirian anak dengan menerapkan model EoREA dan semakin tinggi mastery motivation maka semakin tinggi pula kemandirian anak sehingga perlu diterapkan di lembaga pendidikan PAUD. Temuan ini pula mengindikasikan bahwa model EoREA dan mastery motivation dapat mempengaruhi aspek perkembangan lain pada anak usia dini sehingga diperlukan penelitian selanjutnya yang meneliti aspek perkembangan lain pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271797

Actions (login required)

View Item View Item